logo


Transformasi ISC Hingga Juni 2016, Berhasil Menghemat US$ 91 Juta

ISC Pertamina juga akan meningkatkan penyerapan minyak mentah domestik dari KKKS dengan target efisiensi US$ 5 juta.

27 Juli 2016 14:50 WIB

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Transformasi penerapan Integrated Supply Chain (ISC) berhasil memberikan nilai efisiensi bagi PT Pertamina (Persero) hingga US$ 91 juta hingga bulan Juni 2016.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan, pada tahun ini ISC diamanatkan untuk melaksanakan terobosan dengan beberapa program kerja yang menitikberatkan pada upaya reformasi pengadaan minyak mentah dan produk kilang.

Wianda menuturkan, program-program tersebut meliputi roll out proses reformasi pada tahun sebelumnya dengan target efisiensi US$80 juta, pelaksanaan crude processing deal Basrah dengan target efisiensi US$ 5 juta per tahun, dan pembelian minyak mentah, kondensat, dan LPG dari Iran dengan target efisiensi juga US$ 5 juta per tahun.
 
Selain itu, ISC Pertamina juga akan meningkatkan penyerapan minyak mentah domestik dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dengan target efisiensi US$ 5 juta, serta pengadaan minyak mentah berdasarkan nilai keekonomian dengan target yang sama senilai US$ 5 juta per tahun.
 
“Untuk meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan, ISC juga melakukan penambahan daftar minyak mentah yang bernilai ekonomis tinggi yang dapat diolah di kilang Pertamina serta persiapan melakukan hedging atau Lindung nilai. Realisasi program BTP ISC tahun 2016 hingga akhir bulan Juni telah menghasilkan efisiensi sebesar US$ 91 juta atau 228 persen dari target sampai dengan bulan Juni sebesar US$42 juta,” ungkap Wianda melalui keterangan tertulisnya, Rabu (27/7).


Minta Masyarakat Tak Khawatir, Pertamina Pastikan Stok Pertalite di Bandung Raya dan Priangan Timur Aman

Harga Pertamax Naik Kok di Demo? Begini kata Pengamat Energi

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Syukron Fadillah