logo


Solusi Atasi Kacer yang Nakal

Untuk kacer yang gemar ngeruji, bisa diatasi dengan mengganti sangkar berbeda tipe.

10 November 2014 10:47 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Punya burung kacer yang tiap hari gacor jadi kepuasan tersendiri bagi para pehobi. Namun kalau tiba-tiba burung jadi nakal seperti gemar ngeruji, sering turun dari tangkringan ke dasar sangkar, sering salto, serta berlaku agresif (seperti mau menyerang) ketika melihat musuhnya maka suka bikin pusing pemiliknya.

Nah, untuk mengatasi itu maka ini dia solusinya :

a. Kacer gemar ngeruji
Untuk kacer yang gemar ngeruji, bisa diatasi dengan mengganti sangkar berbeda tipe. Jika sebelumnya burung menggunakan sangkar kotak, maka bisa diganti dengan sangkar bulat. Sebaliknya, jika sebelumnya menggunakan sangkar bulat, bisa diganti dengan sangkar kotak.

Selanjutnya adalah  menurunkan porsi  extra fooding harian. Khusus untuk kacer yang sering dilombakan, maka sejak H-1 burung diberi buah seperti pisang atau pepaya


Tips Memilih Hewan Kurban

Kalau tidak ada buah, atau burung tidak terbiasa makan buah, bisa diganti dengan larutan penyegar. Buah maupun penyegar bersifat mendinginkan, sehingga bisa meredam birahi kacer yang nakal. Namun larutan penyegar jangan diberikan jangka panjang karena itu minuman untuk manusia bukan minuman burung.

b. Kacer sering turun dari tangkringan
Solusi mengatasi kacer yang sering turun dari tangkringan sebenarnya sudah kerap diulas di website ini. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, misalnya:
terapi ranjau bola, terapi ranjau karet pentil, atau menaruh pecahann es balok/es kristal di dasar sangkar

c. Kacer sering salto
Kalau kacer sering salto, maka bisa ganti dengan sangkar kotak yang bagian atasnya rata alias tidak melengkung.

d. Kacer seperti mau menyerang burung lain
Sebenarnya perilaku agresif, ditandai dengan gerakan seperti hendak menyerang burung lain, biasa dijumpai pada kacer di alam liar. Ini karena kacer merupakan tipe burung fighter sejati, dan pantang melihat burung lain yang memasuki wilayah teritorialnya.

Tetapi sebagai burung peliharaan, juga sebagai burung lomba, perilaku seperti ini acapkali dianggap menyimpang dan dimasukkan sebagai kriteria kacer nakal.

 

Berternak Ayam Kampung Super

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid