logo


Kementan: Produksi Padi Jabar Meningkat

BPS mencatat, rata-rata produktivitas padi Jawa Barat meningkat

20 Juli 2016 14:04 WIB

Petani Desa Mandalasari memotong padi yang siap panen.
Petani Desa Mandalasari memotong padi yang siap panen. JITUNEWS/Latiko A.D

BANDUNG, JITUNEWS.COM- Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan), Banun Harpini, mengatakan, selama 3 tahun terakhir produktivitas sektor pertanian di Jawa Barat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"BPS mencatat, rata-rata produktivitas padi Jawa Barat meningkat. Ini terjadi berkat langkah cepat yang diambil pemerintah melalui beberapa program strategisnya," ungkap Banun Harpini, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/7).

Lebih lanjut, Banun menjelaskan, produktivitas padi sawah di Jabar pada bulan Januari–Juni 2016 mencapai 63,43 kuintal/ha, pada tahun 2015 62.09 kuintal/ha, dan 2014 59,76 kuintal/ha. Hal ini disebabkan oleh penerapan teknologi jajar legowo yang makin luas di Jawa Barat, perbaikan jaringan irigasi, dan penerapan alsintan pra/pasca panen yang semakin intensif.


Adanya Masalah Pembebasan Tanah di Merauke, Ini Kata KLHK

Selain itu, peningkatan produktivitas ini juga berkat keyakinan petani untuk menanam benih varietas unggul semakin meningkat. "Petani di Jabar saat ini sangat antusias menggunakan padi varietas unggul, sehingga mampu mendongkrak produktivitas," tambah Banun.

Secara bersamaan, sambung Banun, pemerintah juga akan memacu program serap gabah (SERGAB) petani yang dilakukan oleh Bulog. Dan diharapkan, pada tahun ini (2016) wilayah Jabar dapat menyerap 1,2 Juta ton Gabah Kering Panen (GKP). Ke depannya, bila hal ini tercapai, Jawa Barat bakal mampu menyuplai beras ke daerah lainnya di Indonesia.

Sebagai informasi, penyerapan gabah dari bulan Januari hingga pertengahan bulan Juli 2016 mencapai 842.000 ton GKP (atau 70 persen dari target 1,2 juta ton). "Kita berharap penyerapan gabah terus meningkat sehingga target yang diinginkan dapat tercapai," tukas Banun.

Provinsi Banten Dukung Percepatan Luas Tambah Tanam

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro