logo


Korut Luncurkan Rudal Jarak Jauh ke Laut Jepang

Korut terus melakukan peluncuran rudal meski terus dikecam komunitas internasional

19 Juli 2016 10:29 WIB

Ilustrasi, rudal jarak jauh.
Ilustrasi, rudal jarak jauh. Reuters

SEOUL, JITUNEWS.COM- Hari ini, Selasa (19/7), Korea Utara (Korut), menggelar uji coba peluncuran tiga rudal balistik. Uji coba peluncuran ini hanya berselang sepekan, setelah pihak Korut mengancam akan merespon keputusan Amerika Serikat (AS) yang menempatkan sistem persenjataan anti-rudal di Korea Selatan (Korsel).

Ketiga rudal itu ditembakkan dari kota Hwangju di wilayah Barat Korut, dan meluncur sejauh 500-600 kilometer ke arah Laut Jepang. Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Korsel dalam sebuah jumpa pers.

Jangkauan misil yang diyakini adalah SCUD itu, dapat menjangkau wilayah manapun di Korsel sehingga langkah Korut ini dipantau dengan sangat ketat.


Jokowi: 'Perdamaian Positif' di Semenanjung Korea Dapat Tercapai

Pekan lalu, pihak Korut mengancam akan melakukan "tindakan fisik" setelah Washington dan Seoul mengumumkan rencana untuk menggelar sistem pertahanan anti-rudal canggih demi mengantisipasi ancaman Korut.

Sebelumnya, Korut terus melakukan peluncuran rudal meski selalu dikecam komunitas internasional. AS bahkan menjatuhkan sanksi pada Kim Jong-Un. Peluncuran rudal-rudal sebelumnya dinyatakan gagal karena tidak dapat meluncur jauh atau meledak saat peluncuran.

Namun kini, peluncuran dapat disebut meyakinkan. Korut melakukan sejumlah uji rudal termasuk yang diluncurkan dari kapal selam.

Sumber: Reuters|AFP

Antisipasi Corona, Ganjar Pranowo Akan Tiru Kebijakan Korea Selatan

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro