logo


Tips Menyusui Anak Ketika Puting Luka

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu yang baru melahirkan yaitu puting lecet saat menyusui.

15 Juli 2016 16:34 WIB

Ibu menyusui.
Ibu menyusui. sayangianak.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu yang baru melahirkan yaitu puting lecet saat menyusui. Dikatakan oleh dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, puting lecet saat menyusui dan mencegahnya salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu yang baru melahirkan yaitu puting lecet saat menyusui.

Hal ini paling sering disebabkan oleh cara menyusui yang salah karena kurangnya pengetahuan bagaimana cara menyusui yang benar. Itulah kenapa, ini sering terjadi pada ibu-ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Selain itu, kebanyakan orang tua, jenis kelamin anak juga menentukan. Pasalnya jika anaknya laki-laki maka risiko akan meningkat, sebaliknya jika anaknya perempuan maka kemungkinan puting lecet menjadi kecil. Alasannya anak laki-laki lebih kuat.

"Luka atau lecet pada bagian tubuh tentu menjadi pintu masuk bagi bakteri yang berpotensi menyebabkan infeksi, begitu juga pada puting yang lecet. Jika infeksi terjadi maka selain lecet akan disertai gejala lain seperti puting bengkak, kemerahan di kulit sekitarnya, sangat nyeri, bahkan tubuh menjadi demam (panas dingin). Oleh karena itu, puting lecet saat menyusui ini harus dirawat dengan baik agar jangan sampai terjadi infeksi. Jika penyebab puting lecet telah ditemukan dan diatasi, maka biasanya akan menyembuh sendiri dengan cepat. Namun, jika hal ini tidak terjadi, maka bisa menjadi lebih parah bahkan menimbulkan infeksi,"jelas dr. Wiyarni kepada Jitunews di Kemang Jakarta Selatan, Kamis (14/7).


Menuai Laba Menggiurkan dari Apron Menyusui Berbagai Motif Lucu

Untuk itu, dr. Wiyarni memberikan tiga tips menyusui ketika puting ibu luka, seperti :

1. Cara peletakkan mulut bayi pada puting ibu harus tepat sehingga saat menghisap, ujung lidah bayi terhindar dari menyentuh puting dan tidak menyebabkan nyeri.

2. Ibu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang aman sebelum menyusui, seperti ibuprofen dan asam mefenamat.

3. Jika luka sangat dalam atau sangat nyeri, ibu dapat memerah ASI dengan tangan untuk mengosongkan payudara. ASI perah dapat diberikan kepada bayi dengan media sendok atau cangkir.

"Tiga cara tersebut diharapkan ibu tetap dapat memberikan ASI eksklusif sehingga tumbuh kembang anak tidak terganggu,"pungkas dr. Wiyarni.

Seorang Ibu Muda Rela Menyusui Bayi Kelaparan yang Dibuang di Tepi Jalan

Halaman: 
Penulis : Suciati, Vicky Anggriawan