logo


Arteria Dahlan: Menteri Yuddy Harusnya Jadi Contoh Para PNS

Memakai mobil dinas bukan untuk keperluan kedinasan sebaiknya tidak dilakukan

13 Juli 2016 06:00 WIB

Anggota Komisi II DPR, Arteria Dahlan.
Anggota Komisi II DPR, Arteria Dahlan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi II DPR RI, Arteria Dahlan, menyesalkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, yang menggunakan mobil dinasnya untuk mengunjungi kampung halamannya di Malang.

Pasalnya, Menteri Yuddy sebelumnya pernah mengatakan agar PNS tidak menggunakan mobil dinas dalam perjalanan mudik lebaran ke kampung halamannya.

"Kalau di keluarga kami diajarkan sebelum tunjuk kepala orang lihat dulu diri sendiri. Saya sepakat PNS dilarang mudik pakai mobil dinas, tapi kan ironis kalau menterinya yang memberi aturan justru memakai mobil dinas sewaktu mudik," ujar Arteria di Jakarta, Selasa (12/7).


Suharno, Jenderal Beruntung yang Bisa Pegang Tongkat Komando Presiden Sukarno

Politisi PDIP ini menilai, memakai mobil dinas bukan untuk keperluan kedinasan sebaiknya tidak dilakukan, dan Menteri Yuddy seharusnya menjadi figur sosok yang bisa menjadi suri tauladan bukan hanya sekadar membuat aturan-aturan. 

"Apalagi selevel menteri apa iya di rumahnya gak ada mobil pribadi? Beda dengan PNS, jangan-jangan mobil dinasnya hanya itulah yang jadi mobil satu-satunya dan itu pun kami sepakat untuk gunakan," kata Arteria.

Arteria mengaku, dirinya sebagai anggota DPR yang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang hak protokolernya selevel menteri saja tidak pernah bersikukuh minta disejajarkan dengan menteri dalam konteks pemberian fasilitas.

Oleh karenanya, lanjut Arteria, Menpan seharusnya lebih sensitif, mawas diri dan mau untuk menjadi suri tauladan, terlebih menjadi motor revolusi mental.

"Itu semua harus direnungkan, republik kita sedang sulit, sudah saatnya kita mengurangi beban negara, paling tidak kalau menterinya tidak pakai mobil dinas untuk mudik, dia kan dicontoh banyak pegawainya, puluhan ribu mobil dinas akan terselamatkan, minimal kita akan hemat untuk biaya perawatan yang tidak sedikit juga jumlahnya," tutup Arteria.

Ngaku Jungkir Balik Dukung Jokowi, Kapitra Minta Jadi Jaksa Agung

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Riana