logo


Kementan Mengklaim Turunnya Harga Bahan Pokok Pasca Lebaran Dampak dari Operasi Pasar

Penurunan harga pangan pokok terjadi dari berbagai faktor, di antaranya dampak dari intensifnya kegiatan Operasi Pasar (OP) yang dilakukan pemerintah

11 Juli 2016 11:00 WIB

Suasana di pasar tradisional Klender, Jakarta (27/4/2016).
Suasana di pasar tradisional Klender, Jakarta (27/4/2016). JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Harga pangan pasca lebaran di DKI Jakarta per tanggal 8 Juli 2016 turun dibandingkan hari sebelumnya. Berdasarkan hasil pantauan dan data info pangan Jakarta, harga daging sapi turun Rp 9.410 per kg, beras premium turun Rp 760 per kg, daging ayam ras turun Rp 2.000 per kg, bawang merah turun Rp 1.250 per kg, cabai merah turun Rp 2.100 per kg, cabai keriting turun Rp 3.000 per kg, dan kentang Rp 1.350 per kg.

Kepala Pusat Data dan Informasi, Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi mengatakan, penurunan harga pangan pokok terjadi dari berbagai faktor, di antaranya dampak dari intensifnya kegiatan Operasi Pasar (OP) yang dilakukan pemerintah khususnya Kementan. Selain itu, penuruan harga juga disebabkan oleh efek psikologi dari Ramadhan dan lebaran yang sudah berakhir.

"Untuk diketahui operasi pasar murah tahun ini lebih masif telah merambah ke lapak-lapak yang ada pasar tradisional," katanya di kantor Kementan Jakarta, Senin(11/7).

Menurut Suwandi, agar harga pangan pokok pada lebaran tahun depan menjadi lebih baik, maka perlu dilakukan peningkatan kualitas tata kelola pangan.

Menurutnya, langkah pengaturan kembali tata kelola pangan ini menjadi sangat penting untuk dilakukan mengingat semakin tingginya kebutuhan konsumen akan bahan pangan, selain itu di sisi lain ketersediaan bahan pangan di lapangan tidak tersalurkan secara maksimal lantaran tata kelola yang masih belum maksimal.

“Maka untuk menjaga kestabilan harga di tingkat konsumen dan ketersaluran hasil pangan petani dapat berjalan dengan baik maka perlu ada pengaturan tata kelola pangan yang baik,” katanya.

KPPU: Kita Dukung Upaya Kementan Jaga Kestabilan Harga Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan