logo


Mengintip Potensi Pasar Ikan Seluang

Ikan mini yang berharga dan berkalsium tinggi

7 November 2014 10:08 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seluang merupakan salah satu ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi karena rasa dagingnya yang gurih dan renyah, selain itu teryata mereka bisa dimanfaatkan sebagai pakan bagi ikan akuarium seperti lohan. Ikan ini merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil berkisar antara 5-17 cm dengan kemampuan bertahan hidup sekitar 3-6 tahun.

Ikan ini tergolong omnivora, biasanya mereka memakan berbagai macam makhluk hidup seperti lumut, zooplankton, crustacea kecil, cacing tanah dan serangga. Bentuk ikan ini pipih memanjang dengan sisik tipis, ikan seluang yang masih kecil memiliki warna putih keperakan dan di kedua sisi tubuhnya terdapat garis berwarna kehitaman dan ketika mereka tumbuh dewasa warna tersebut memudar digantikan warna putih kekuning-kuningan.

Menemukan ikan seluang di habitat aslinya cukup mudah karena ikan ini suka berenang sampai permukaan air, khususnya saat permukaan air sungai atau rawa meningkat, dan ketika curah hujan meninggi. Habitat alami ikan seluang batang adalah rawa berair atau sungai yang berarus tenang dan suhu yang paling baik bagi ikan ini adalah 22-26 °C.


Budaya Makan Ikan Ditingkatkan di Kalangan Masyarakat

Manfaat dan prospek ikan seluang
Selain alasan utama mengenai rasanya yang gurih dan nikmat, ikan ini ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, sehingga ikan seluang cocok dikonsumsi secara rutin oleh orang yang mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis dan pastinya ikan ini banyak digemari oleh wisatawan kuliner.

Banyaknya permintaan dan masih sedikitnya jumlah pembudidaya membuat ikan ini memiliki harga jual yang cukup tinggi, sekitar Rp 30 ribu per kilonya. Melihat harga yang tinggi ini sangat menguntungkan jika bisa membudidayakan ikan seluang, anda tertarik?

 

KKP Harapkan Dukungan AS Dalam Pengawasan Perairan

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana