logo


5 Buah dan Sayuran Pencegah Dehidrasi

Cegah dehidrasi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air

7 November 2014 09:39 WIB

Ilustrasi buah dan sayuran. Cegah dehidrasi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air.(strictlyvegan.com)
Ilustrasi buah dan sayuran. Cegah dehidrasi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air.(strictlyvegan.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dehidrasi adalah efek dari kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh kita, cara mudah yang kita ketahui adalah dengan meminum air putih yang banyak. Akan tetapi, banyak alternatif lain yang bisa kita lakukan selain meminum air. Salah satu diantaranya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air. Beberapa diantaranya adalah semangka, mentimun, jeruk nipis, blewah da apel.

Semangka

Buah yang biasanya berbentuk besar ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, dan buah yang satu ini mengandung air sebanyak 92 persen. Selain air, semangka juga mengandung betakaroten atau nutrisi yang akan menjadi vitamin A, lalu Likopen dan vitamin C. Untuk itu, buah semangka ini bisa menjadi alternatif dalam meningkatkan kandungan cairan dalam tubuh kita dan tidak perlu takut kekurangan cairan lagi.


Kodim 0735/Surakarta Bagikan 4.000 Bibit Pepaya California kepada Petani Mojosongo

Jeruk Nipis

Kandungan air dalam jeruk nipis mencapai 86 gram, selain mengandung air, jeruk nipis juga mengandung banyak senyawa kimia. Diantaranya adalah limonene, linalin asetat, geranil asetat, fellandran, sitral dan asam sitrat. Vitamin C dalam jeruk nipis juga cukup banyak, yaitu mencapai 27 mg.

Blewah

Setelah selama 11-14 jam tidak minum air alias dehidrasi, maka buah yang satu ini sangatlah cocok untuk kita konsumsi. Selain itu, banyaknya kandungan air dalam buah ini, dapat pula membantu penderita asam urat untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh anda.

Apel

Dalam satu butirnya saja, buah ini mengandung setidaknya 110 mili liter air. Selain air, buah bulat ini juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan seperti vitamin C dan A, serta kaya akan antioksidan. Karena itulah, buah ini maknyus sekali untuk mencegah dehidrasi tubuh kita.

Mentimun

Banyak air yang terkandung dalam mentimun, sama banyaknya dengan yang dikandung oleh buah semangka. Tak hanya itu, mentimun juga banyak mengandung vitamin C.

YLKI: Masih Banyak Titik Penyimpangan Dalam Proses Beredarnya Buah Segar

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana