•  

logo


Medco Energi Akhirnya Akuisisi 82,2% Saham PT Newmont Nusa Tenggara

PT Medco Energi Internasional akhirnya mengakuisisi saham PT Amman Mineral Internasional (AMI) yang mengendalikan 82,2% dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan nilai USD 2,6 miliar.

30 Juni 2016 18:51 WIB

Truk angkut berkendara di sepanjang jalan pengangkutan sebelah lubang terbuka di tambang tembaga dan emas Batu Hijau yang dioperasikan oleh PT Newmont Nusa Tenggara di Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Truk angkut berkendara di sepanjang jalan pengangkutan sebelah lubang terbuka di tambang tembaga dan emas Batu Hijau yang dioperasikan oleh PT Newmont Nusa Tenggara di Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. bloomberg

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Medco Energi Internasional akhirnya mengakuisisi saham PT Amman Mineral Internasional (AMI) yang mengendalikan 82,2% dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan nilai USD 2,6 miliar.

Presiden Direktur MedcoEnergi Hilmi Panigoro mengatakan, AMI telah membeli NNT dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation. Ini merupakan salah satu transaksi structured finance terbesar di Asia Tenggara tahun ini.

”Transaksi ini secara langsung memberikan nilai tambah strategis terhadap MedcoEnergi, mengingat operasi NNT yang berskala dunia. Kami berkomitmen untuk menjaga standar tinggi keamanan, pengelolaan lingkungan, dan tanggung jawab sosial, serta tenaga kerja berkualitas yang merupakan fondasi MedcoEnergi hingga dapat sukses beroperasi sampai saat ini,” ujarnya, Kamis (30/6).


Jonan Harap Investasi Migas di Indonesia Bergairah Lagi

Sementara itu, Komisaris MedcoEnergi Group, Muhammad Lutfi mengatakan, Transaksi ini bersifat strategis, bukan hanya bagi MedcoEnergi Group tapi juga karena menjadi dua preseden penting bagi Indonesia dan investor internasional.

Transaksi ini dianggapnya, membuktikan bahwa kolaborasi antara perusahaan Indonesia, bank-bank BUMN, pemerintah, dan masyarakat dapat menghadirkan solusi atas setiap permasalahan di tanah air.

“Saya bangga menyaksikan dan belajar langsung dari bankir-bankir terbaik Indonesia. Struktur transaksi berkelas dunia yang diterapkan tiga bank BUMN di sini diharapkan dapat menciptakan lebih banyak transaksi yang sama strategisnya di kemudian hari,” ujar Hilmi.

Medco Energi Menangkan Gugatan Arbitrase Melawan Singapore Petroleum

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan