logo


Mentan: Penyaluran Pupuk Besubsidi Sudah Berjalan Lancar

Saat ini penyalahgunaan proses penyaluran pupuk bersubsidi sudah tidak ada setelah pihak KPK dan pihak Polri dilibatkan oleh pihak Kementan.

29 Juni 2016 11:00 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman.
Mentan Andi Amran Sulaiman. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, mengatakan bahwa hingga saat ini proses penyaluran pupuk bersubsidi sudah berjalan lancar dan tepat waktu hingga ke tingkat petani.

Menurutnya, saat ini penyalahgunaan proses penyaluran pupuk bersubsidi sudah tidak ada setelah KPK dan Polri dilibatkan oleh Kementan.

“Kita sangat senang dengan hadirnya KPK dan Polri, penyalahgunaan wewenang dalam penyaluran pupuk bersubsidi tidak ada lagi,” ungkap Amran saat ditemui di kantor Kementan, di bilangan Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (28/6).


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Lebih lanjut Amran mengatakan bahwa Kementan mulai melibatkan KPK dan Polri jika ada lelang.

Kata Amran, jika ada lelang yang jumlahnya cukup besar, pihaknya akan melibatkan KPK, Jaksa dan Bareskrim yang akan turun langsung memantau. 

“Setiap ada lelang, mereka akan melihat apakah ada kelemahan atau tidak, baru kemudian disepakati,” beber Amran. 

Amran menambahkan, dengan hadirnya sejumlah pihak yang berwajib di setiap program Kementan, termasuk lelang dan penyaluran pupuk, maka saat ini tidak ada masalah lagi dalam proses penyaluran pupuk. 

“Sekarang sudah aman, tidak ada masalah lagi,” pungkas Amran. 

Seperti diketahui, sebelumnya proses penyaluran pupuk bersubsidi ini sempat menjadi polemik yang cukup besar dan terus mencuat karena ada orang-orang tertentu yang bermain dalam proses penyaluran pupuk bersubsidi tersebut dan tidak sampai ke para petani kecil. 

Dalam penelusuran kasus tersebut pihak Polri sudah mengamankan sekitar 40 orang yang bermain dalam penyelundupan pupuk bersubsidi tersebut.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana