logo


Melihat Smartphone Dalam Posisi Ini Sebabkan Kebutaan Sementara

Kebutaan bisa muncul setelah menggunakan smartphone sambil berbaring dengan satu mata melihat smartphone, sementara mata lain tertutup bantal

26 Juni 2016 04:23 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berdasarkan penelitian yang diunggah di New England Journal of Medicine, telah terjadi kasus kebutaan sementara monokular (satu mata) akibat melihat smartphone sambil tiduran.

Seperti yang dikutip dari merdeka.com, kasus ini diketahui saat dua wanita yang berusia 22 dan 40 tahun mengeluhkan satu mata mereka tiba-tiba tidak bisa melihat selama beberapa bulan. Sekali gejala ini muncul, bisa berlangsung sampai 15 menit sebelum penglihatan mereka kembali seperti semula.

Pada awalnya tim dokter mengira kebutaan sementara satu mata ini terjadi karena stroke ringan akibat penyumbatan pembuluh darah di otak. Namun, semua terjawab setelah dokter dari Rumah Sakit Mata Moorfield di London, Gordon Plant, bertanya kapan gejala kebutaan sementara itu terjadi.


Aturan 'Dine In' di Warung Cuma 20 Menit? Pakar Ingatkan Makan Buru-buru Picu 4 Hal Ini

Jawaban kedua wanita itu ternyata senada, kebutaan itu muncul setelah mereka menggunakan smartphone sambil berbaring dengan satu mata melihat smartphone, sementara mata lain tertutup bantal.

Tim dokter dari Rumah Sakit MAta Moorfield menejaskan, aktivitas seperti ini memaksa satu mata beradaptasi dengan layar terang smartphone, sementara mata lainnya berada dalam kondisi gelap. Tim dokter akhirnya sepakat untuk mengkategorikan gejala tadi sebagai kebutaan sementara akibat smartphone.

Jadi, waspadalah bagi Anda yang suka bermain smarphone dalam kondisi seperi di atas.

Aman dan Bagus, Ini 7 Rekomendasi Merk Essential Oil Terbaik!

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah