logo


Kenalin Nih Varietas Baru Keluarga Buah Berry, Namanya Haskap Berry!

Koki Kilted, Alain Bosse, mengungkapkan bahwa haskap berry memiliki rasa yang istimewa.

24 Juni 2016 11:22 WIB

Haskap berry.
Haskap berry. lahaveriverberryfarm.ca

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Di antara sekian banyak jenis buah berry, yakni strawberry, blackberry, blueberry, dan raspberry, ternyata masih ada beberapa varian lain yang jarang diketahui orang, salah satunya adalah haskap berry.

Haskap yang berarti hadiah kecil di ujung cabang merupakan nama yang diberikan oleh penduduk Jepang. Selain dikenal dengan nama haskap berry, buah ini juga kerap disebut honey suckle, blue honey suckle, dan honey berry.

Dilansir oleh Globe and Mail, haskap berry disebut-sebut akan menjadi ‘superfood’ yang akan datang. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada blueberry. Haskap berry secara tradisional, hanya ditemukan di alam liar Kanada dan sebagian besar tumbuh di tepi lahan basah.


Danrem 074/Warastratama Ajak MAsyarakat Tanam 5.000 Bibit Jambu Kristal

Kepala program buah di University of Saskatchewan, Bob Bors, telah mengubah hal itu dengan mengembangbiakkan dalam 15 tahun terakhir. Sebelumnya, Bob menghabiskan waktu selama beberapa tahun untuk mempelajari karakteristik buah ini, mulai dari cara memetik hingga karakteristik yang diinginkan, di daerah asalnya yaitu Jepang Utara dan Rusia.

Koki Kilted dan Alain Bosse mengungkapkan bahwa haskap berry memiliki rasa yang istimewa.

“Ini seperti raspberry. Ada sedikit rasa blueberry liar, dan kemudian muncul rasa seperti honeycrisp (apel). Ini bentuk nyata dari rasa yang berbeda,” ungkap Alain, seperti dilansir oleh CNNIndonesia beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data dari Globe and Mail, beberapa orang mengatakan bahwa buah haskap berry memiliki warna biru tua, dengan bentuk oval atau silinder dan berukuran sekitar 2,5 cm.

“Yang menggembirakan tentang buah haskap berry adalah kegunaannya, yakni memiliki kapasitas untuk menjadi wine dan dapat juga menjadi suplemen makanan sehat karena antioksidannya,” terang Liam Tayler, selaku Direktur Komersial Haskapa di Nova Scotia.

Menurut Tayler, perusahaannya telah mengolah haskap menjadi jus, selai, bumbu, sirup maple, gin, dan vodka. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ekstrak untuk produk body scurb, lip gloss, sabun, dan lain-lain.

Danrem 074 Warastratama Tanam 5.000 Bibit Sirsak Madu Bersama Masyarakat

Halaman: 
Penulis : Riana