logo


Mentan Yakin Operasi Pasar Mampu Turunkan Harga Pangan

Mentan menegaskan bahwa untuk mengatasi gejolak harga tetap membutuhkan proses dan tidak sekali jadi.

22 Juni 2016 17:52 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat Konferensi Pers usai memimpin rapat evaluasi kelancaran importir daging sapi untuk mendukung stabilisasi harga selama ramadhan 2016 di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (20/6/2016).
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat Konferensi Pers usai memimpin rapat evaluasi kelancaran importir daging sapi untuk mendukung stabilisasi harga selama ramadhan 2016 di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (20/6/2016). Jitunews/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bahwa langkah Operasi Pasar (OP) yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah pada saat ini akan mampu menurunkan harga pangan.

"Langkah OP pada saat ini, kami yakin akan mampu menurunkan harga komoditas pangan yang saat ini terus berfluktuatif,"demikian kata Mentan, Amran Sulaiman, di Jakarta Rabu (22/6).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa OP dibentuk untuk membuat struktur pasar baru, memotong rantai pasokan yang selama ini sudah terlalu panjang sehingga berdampak pada tingginya harga pangan di pasar.


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

"Kita lakukan OP ini untuk mengatasi panjangnya rantai pasokan ini, sehingga harga di petani bisa terjaga dengan baik dan konsumen beli dengan harga yang terjangkau,"demikian kata mentan.

Terkait dengan, masih terjadinya fluktuasi harga pangan saat ini, Mentan menegaskan bahwa untuk mengatasi gejolak harga tetap membutuhkan proses dan tidak sekali jadi.

"Semuanya membutuhkan proses, tidak mungkin masalah pangan yang sudah bertahun-tahun ini kita selesaikan segera, semuanya butuh proses dan kita yakin bahwa pelan-pelan harga pangan akan menjadi stabil,"tukasnya.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah