logo


Rajin Blusukan dan Good Looking, Sandiaga Uno Berpotensi Jadi Lawan Berat Ahok

Dikatakan Igor, argumentasi publik soal meningkatnya popularitas Sandiaga ini dipengaruhi tiga hal.

22 Juni 2016 04:00 WIB

liputan6.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Hasil Survey & Polling Indonesia (SPIN) menyebut bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, dinilai paling potensial menghadapi Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) dalam hal popularitas maupun elektabilitas menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017.

"Warga Jakarta semakin mengenal sosok Uno," kata Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara, dalam public expose hasil polling di Jakarta, Selasa (21/6).

Dikatakan Igor, argumentasi publik soal meningkatnya popularitas Sandiaga ini dipengaruhi tiga hal.


Mujahid 212 Tolak Ahok Jadi Pemimpin Ibu Kota Baru, NasDem: Mereka Nggak Punya Kewenangan

Pertama, Sandiaga adalah calon Gubernur DKI 2017 yang paling rajin blusukan menjumpai warga DKI dari berbagai strata sosial, terutama menengah ke bawah dan pinggiran. Selama lebih dari tiga bulan ini, Sandiaga sudah mengunjungi lebih dari 105 kelurahan yang ada di Jakarta.

"Keseriusan yang dibuktikan dengan kerja nyata adalah poin penting yang dilihat penduduk Jakarta. Peningkatan popularitas dan elektabilitas Sandiaga berjalan seiring dengan semakin dikenalnya Sandiaga bagi publik DKI," kata Igor.

Kedua, Sandiaga juga giat menjalin komunikasi dengan partai politik. Bahkan Sandiaga juga mau mengikuti penjaringan (fit & proper test) parpol lain selain Gerindra, seperti PDIP, Demokrat, PKB, PKS, PAN, dan PPP.

"Ini menunjukkan fleksibilitasnya sebagai kandidat. Loyalitasnya tidak diragukan lagi. Jakarta membutuhkan pemimpin baru yang setia menuntaskan masa jabatannya sebagai Gubernur selama 5 tahun," ujar Igor.

Ketiga, lanjut Igor, manusia itu binatang mata. Calon yang menarik secara fisik bisa memperoleh suara tiga kali lebih banyak daripada sebaliknya, terutama dari segmen pemilih pemula dan perempuan. Karena kesan pertama yang bermula dari penampilan fisik seseorang biasanya sulit tergoyahkan.

"Secara teoritis, image pertama seseorang umumnya didasarkan pada aspek visual. Apalagi pikiran manusia itu terbatas, sehingga persepsi pemilih cenderung disaring oleh filter fisiologis. Diantara kandidat lainnya, Sandi Uno paling muda dan good looking," pungkas Igor.

 

Soal Jadi Ketum Gerindra, Sandiaga: Saya Tak Mau Berandai-andai

Halaman: 
Penulis : Riana