logo


Pemerintah Dinilai Belum Serius Atasi Persoalan Pangan

Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo mengatakan bahwa hingga saat ini pemerintah belum serius dalam mengatur tata kelola pangan.

21 Juni 2016 10:39 WIB

Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo.
Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo. dok. dpr.go.id

KARAWANG, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo mengatakan bahwa hingga saat ini pemerintah belum serius dalam mengatur tata kelola pangan. Ketidakseriusan pemerintah tersebut dapat dilihat dari semakin tingginya harga sejumlah komoditas pangan yang tidak hanya terjadi pada saat Ramadhan saja, tetapi sebenarnya sudah berlangsung lama dan belum ada titik penyelesaian dari pemerintah.

‘Inikan masalah yang sudah lama, namun hingga saat ini belum ada titik penyelesaian yang dilakukan oleh pemerintah, harga masih tetap merangkak naik,” Edhy Prabowo saat melakukan kunjungan kerja Komisi IV ke Pasar Johar Karawang dan Pasar Sederhana, Bandung, Selasa (21/6).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dari setiap kunjungan kerja yang dilakukan oleh Komisi IV DPR RI baik di daerah Jawa maupun di luar Jawa, ditemukan fakta bahwa tata kelola pangan belum optimal dikelola sehingga perlu diperbaiki, hal ini terkait adanya disparitas harga di tingkat petani dan harga di pasar yang cukup tinggi.


Lapan Siap Dukung Sektor Pangan dengan Penggunaan Satelit

“Harga di pasar jauh lebih tinggi daripada harga di tingkat petani seperti cabai, di tingkat petani harga bawang Rp 8.000 akan tetapi di pasar Rp 18.000. Siapa yang menikmati Rp 10 ribu?” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah pada saat ini perlu mengambil langkah cepat mengatasi masalah tata kelola pangan ini, sehingga harga bahan pangan bisa terjaga di pasar.

"Kasihan kan kalau harga di pasar tinggi sementara di tingkat petani justru dibeli dengan harga rendah,” ujarnya

Untuk mengatasi masalah ini, menurutnya tidak ada cara lain selain dari pemerintah menata kembali proses tata kelola pangan, agar para petani memiliki keuntungan yang cukup, pedagang juga mendapat untung dan pembeli juga tidak ditekan dengan tingginya harga pangan.

Mentan Pastikan Stok Pangan yang Dijual di TTI Aman

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan