logo


Fakta Unik Manfaat Landak

Dibalik duri tajam landak, ternyata memiliki khasiat untuk pengobatan

6 November 2014 17:53 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA,JITUNEWS.COM - Landak adalah hewan langka yang memiliki duri di sekujur tubuhnya. Hewan ini mirip dengan tikus, jika lihat dari cara berjalannya. Hanya saja landak memiliki duri yang bisa mengembang jika ada ancaman datang menghampirinya.

Melihat landak dengan duri-duri tajamnya, tentunya Anda enggan memegang binatang tersebut. Jangankan memegang, mendekati saja takut karena khawatir tertusuk duri tajam. Sebab jika binatang itu merasa terganggu, semua duri-duri berdiri tegak.

Dibalik duri tajam landak, ternyata menurut kepercayaan sebagian orang memiliki khasiat, khususnya untuk pengobatan.


Tips Memilih Hewan Kurban

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita sudah membuktikan khasiat bulu landak itu untuk pengobatan. Bagi masyarakat tradisional di Kalimantan, bulu landak banyak dipercaya untuk menolak bala, penghalau gangguan gaib atau melemahkan ilmu hitam yang berasal dari luar.

Caranya, duri landak tersebut ditempelkan ke bagian tubuh orang yang kesurupan, di antaranya telapak tangan atau kaki, maka makhluk halus segera keluar dari tubuh orang yang dirasuki.

Tidak hanya duri landak yang mempunyai khasiat baik, ternyata hampir seluruh bagian tubuh landak memiliki khasiat bila dimakan. Hati landak jika dibakar berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit asma dan diabetes. Kulitnya dapat dibuat menjadi asem-asem. Sedangkan daging dan ekornya baik untuk meningkatkan vitalitas pria.

Poin yang paling mengejutkan adalah daging landak berkolesterol  nol alias bebas kolesterol. Daging landak juga memiliki kandungan penguat stamina dan kitotefin yang berguna bagi penderita asma, di samping itu juga memiliki gen yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Tak hanya dagingnya, ternyata duri landak juga berkhasiat. Umumnya duri landak per batang dihargai Rp 5000. Duri landak dipercaya berkhasiat untuk obat sakit gigi, yaitu dengan cara dibakar lalu abunya dioleskan ke bagian gigi yang sakit. Abu duri landak dipercaya juga dapat mengobati masuk angin dengan cara dioleskan pada bagian perut yang terasa kembung.

sumber : polimoli.com

Berternak Ayam Kampung Super

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid