logo


Inovasi Irigasi Pivot Diterapkan Tahun Depan

Selain itu, dengan irigasi pivot, dapat menjangkau lahan di dataran tinggi

5 November 2014 16:33 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) tampaknya serius dalam mmenerapkan teknologi irigasi pivot di tahun depan. Dengan teknologi tesebut dapat mengaliri sawah yang lebih luas.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Sumardjo Gatot Irianto mengatakan selain mampu mengaliri sawah lebih luas, tenaga manusia yang digunakan juga bisa ditekan.

"Yang jelas kita masih belum pasti sentra penghasil padi untuk penerapan irigasi pivot," katanya Rabu (5/11) di Makassar.  


Upsus Siwab Menjadi Traget Besar Capaian Kementan di Tahun 2017

Meski demikian, anggaran yang disiapkan sebesar Rp2 miliar-Rp3 miliar untuk pembangunan irigasi pivot. Teknologi irigasi pivot ini lebih efisien dan presisi sesuai kebutuhan tanaman dan dapat mengatur air yang keluar.

Selain itu, dengan irigasi pivot, dapat menjangkau lahan di dataran tinggi yang selama ini tidak terjangkau jaringan irigasi gravitasi. "Penghematan tenaga manusia dan sumber daya air dapat dilakukan sebesar 40%," katanya.

Biaya pemeliharaan irigasi pivot juga tidak memerlukan dana yang tinggi. Alat irigasi pivot juga bisa tahan selama 30 tahun dengan pemeliharaan yang murah.

Appsindo: Kehadiran TTI Belum Mampu Stabilkan Harga Pangan

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid