logo


Makna Bunga Sakura Bagi Masyarakat Jepang

Mekarnya Bunga Sakura juga menjadi pertanda kebahagiaan bagi masyarakat Jepang

5 November 2014 16:19 WIB

Mekarnya Bunga Sakura pertanda kebahagiaan bagi orang Jepang
Mekarnya Bunga Sakura pertanda kebahagiaan bagi orang Jepang

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Ada Negeri Kincir, Negeri Ginseng, Negeri Seribu Pagoda, dan masih banyak lagi julukan untuk seluruh negara yang ada di belahan dunia ini. Tapi kira-kira, Negeri Sakura julukan untuk negara apa ?? Yup, Negeri Sakura merupakan julukan untuk negara Jepang. 

Wajar saja jika Jepang dijuluki Negeri Sakura. Pasalnya, tanaman jenis ini sangat banyak dijumpai di tiap sudut kota Jepang. Bahkan, tak sedikit orang beranggapan bahwa Bunga Sakura merupakan tanaman asli Jepang, dan itu memang benar adanya.Meski tanaman ini hanya sekedar bunga, namun bagi masyarakat Jepang Bunga Sakura menyiratkan makna yang begitu dalam. 

Pohon Sakura yang mulai memekarkan kuncup-kuncup bunganya, merupakan tanda berakhirnya musim dingin yang beralih menjadi musim semi. Saat itulah Bunga Sakura yang tengah mekar seolah menjanjikan kecerahan, serta masa depan yang penuh harapan bagi masyarakat Jepang.


Yuk Pelajari Seni Merangkai Bonsai yang Mudah Dipraktekkan

Selain itu, mekarnya Bunga Sakura juga menjadi pertanda kesejukan, keheningan, dan kebahagiaan mendalam yang dirasakan oleh masyarakat Jepang. Sedangkan saat Bunga Sakura mulai berguguran, menandakan perpisahan atau kehangatan yang akan segera berpamitan.

Oleh karenanya, Bunga Sakura menjadi tanda kegembiraan dan kesedihan yang dijadikan sebagai simbol wujud syukur atas anugerah besar kehidupan. Terbukti, masyarakat Jepang banyak yang bekerja keras dan memiliki semangat belajar yang tekun. Alhasil, Jepang menjadi salah satu negara yang maju di segala bidang, terutama bidang industri dan ilmu pengetahuan.

Tidak hanya itu, Bunga Sakura juga menjadi simbol pengingat bahwa dunia ini selalu ada kebalikan. Bersama kesedihan ada kebahagiaan, bersama kesulitan ada kemudahan, bersama canda tawa ada kesedihan, dan ada kehidupan ada kematian. Dan makna kehidupan itu diambil dari Bunga Sakura yang mekar kemudian berguguran.

Beragam makna yang dianut oleh masyarakat Jepang perihal Bunga Sakura, membuat masyarakat Jepang merayakan mekarnya Bunga Sakura yang disebut dengan festival Hanami. Dalam festival tersebut, seluruh masyarakat Jepang berpesta dalam keteraturan dan larut dalam kebahagiaan.

Mekar dan gugurnya Bunga Sakura juga dianggap sebagai makna janji. Meski Bunga Sakura berguguran, namun bunga ini akan menjanjikan sebuah kebahagiaan, yang nantinya  diwujudkan dengan mekarnya kembali Bunga Sakura. 

    

10 Tanaman Hias Langka di Dunia

Halaman: 
Penulis : Hasballah