logo


Lapan Siap Dukung Sektor Pangan dengan Penggunaan Satelit

Dengan pemanfaatan citra satelit ini akan sangat membantu terutama untuk memantau perkembangan produksi hasil pangan

16 Juni 2016 17:10 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. dok. Lapan.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Utama Lapan, Ignatius Loyola, mengatakan bahwa dengan ditandatanganinya MOU tentang pengembangan dan pemanfaatan teknologi, data dan informasi penginderaan jarak jauh satelit dengan Kementan, pihaknya akan siap mendukung pengembangan sektor pangan dengan pemantauan setelit.

"Kita akan mendukung sektor pangan ini dengan pemantauan satelit udara, sehingga kita dapat mengetahui secara pasti keadaan pangan kita," kata Sekretaris Utama Lapan, Ignatius Loyola, saat penandatanganan MoU di Kantor Kementan, Kamis (16/6).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pemanfaatan citra satelit ini akan sangat membantu kita untuk memantau perkembangan produksi hasil pangan. Pasalnya, pantauan dengan menggunakan satelit ini cakupannya lebih luas dan akurasi datanya mencapai 88 persen.


Pengamat: Asing Tidak Inginkan Pertanian Kita Berkembang

“Dengan citra satelit, kita dapat mengetahui kapan waktu panen, tingkat produktivitas suatu tanaman, luas lahan baku, dan lahan tanam,” demikian kata Ignatius.

Ia menyampaikan, sebelumnya, Lapan telah bekerja sama dengan Kementan sebanyak 4 kali dan ini yang ke 5 kalinya. Untuk itu, ia berharap MoU ini dapat memacu dan meningkatkan pelayanan publik Kementan.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan, Suwandi, menambahkan, kelebihan pemantauan pertanaman padi melalui citra satelit ini adalah citra satelit tidak menipu, akurasi lebih tinggi, mampu meminimalisir human error, dan dijamin terbebas dari intervensi berbagai kepentingan.

“Dengan citra satelit, data disajikan secara transparan dan fair, dapat divalidasi oleh para pihak,” ujarnya.

Kyuri Mampu Atasi Keterbatasan Lahan Pertanian

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan