logo


Bau Kaki?.. Ikuti Tips Jitu Ini

Sehabis mandi, keringkan kaki dengan handuk supaya tidak lembab

5 November 2014 16:19 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM-Bau kaki? Nggak deh! Bau kaki yang menyengat bisa membuat Anda maupun orang-orang di sekitar Anda terganggu dan merasa tidak nyaman. Penggunaan sepatu yang tertutup sepanjang hari ataupun sepatu karet yang sedang tren saat ini disebutkan dr. Sutirto Basuki, SpKK dan dr. Inneke Halim menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah bau kaki. Nah, sebelum orang-orang enggan mendekati, Ada sebaiknya Anda segera mengatasi masalah bau kaki tersebut dengan mengikuti beberapa tips di bawh ini.

  1. Tidak membiarkan kaki berkeringat berlebihan. Misalnya, dengan memilih sepatu yang nyaman di kaki dan memiliki sirkulasi udara. Sepatu yang digunakan dalam keadaan kering dan tidak memakai sepatu yang sama dalam kurun waktu lama. Jika mencuci sepatu, jangan hanya bersihkan luarnya saja tetapi juga dalamnya.
     
  2. Gunakan kaus kaki yang berbahan tipis dan pilih bahan yang menyerap keringat seperti katun. Sering ganti kaus kaki sehari sekali. Tapi untuk Anda yang memiliki masalah hyperhidrosis (keringat berlebih), ganti kaus kaki dua kali sehari. Sebaiknya tidak menyimpan kaus kaki di dalam sepatu.
     
  3. Jika kaki Anda cenderung berkeringat berlebihan, sebaiknya menggunakan bedak pada sela-sela jari kaki.
     
  4. Membersihkan kaki setiap hari menggunakan sabun lembut dan air hangat. Gunakan sikat kecil (seperti sikat yang digunakan untuk pedicure) untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, terutama di sela-sela kaki. Setelah itu keringkan.
     
  5. Menjalani treatment terapi ikan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.
     
  6. Sehabis mandi, keringkan kaki dengan handuk supaya tidak lembab, karena jika lembab bakteri akan lebih cepat berkembang.
     
  7. Makanan dan minuman mempengaruhi banyaknya atau tidaknya keringat. Karena itu, sebaiknya hindari makan makanan pedas yang bisa meningkatkan jumlah keringat, serta makanan yang banyak bumbu seperti bumbu kari. Minuman yang beralkohol juga mempengaruhi bau kaki.

 

 


Mau Cepat Langsing? Lakukan 2 Gerakan Sederhana Ini!

3 Kata "Biasa" Ini Bisa Menghindarkanmu dari Depresi Hingga Sakit Jiwa

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah