logo


Pelanggan 900 VA Golongan Mampu Masih Terima Subsidi, Pemerintah Jamin PLN Tidak Bakal Rugi

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, pada prinsipnya PLN sebagai korporasi tidak boleh mengalami kerugian

15 Juni 2016 14:33 WIB

Sudirman Said.
Sudirman Said. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin PT PLN (Persero) tidak akan mengalami kerugian meskipun penerapan kenaikan tarif untuk pelanggan listrik berdaya 900 Volt Ampere (VA) golongan mampu harus tertunda hingga akhir tahun.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, pada prinsipnya PLN sebagai korporasi tidak boleh mengalami kerugian. Oleh karena itu, pembengkakan pengeluaran PLN yang terjadi untuk menutupi beban subsidi yang seharusnya tidak perlu ada ketika subsidi dicabut, akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

"PLN kan prinsipnya tidak boleh rugi, kalau ada keputusan politik begitu ya pemerintah harus menanggung," tegas Sudirman saat dijumpai di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (15/6).


Tagihan Listrik Kembali Melonjak Saat PSBB Total? Kemenko Marves Beri Penjelasan Ini

Meski begitu, dirinya belum bisa memastikan bahwa alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 akan memberikan tambahan subsidi untuk menutupi beban PLN tersebut. Sudirman menyerahkan kepada keputusan di Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (Banggar DPR).

"Kembali, ujungnya, seluruh proses kita serahkan ke Banggar, saya nggak bisa kontrol.  Prinsipnya PLN selalu dijamin margin-nya, sejauh ini selalu begitu. Berapa kekurangannya, pemerintah menutup," jelas Sudirman.

Sementara itu, menurutnya, bila keputusan Banggar tidak menghasilkan kesepakatan menambah alokasi APBN untuk subsidi listrik, maka pemerintah dan DPR perlu mencari solusi lain guna menutupi beban PLN tersebut.

"Ya, berarti kita harus cari mekanisme lain. Tapi intinya PLN tidak boleh rugi, jadi harus ada jalan keluar," pungkas Sudirman.

Begini Cara Mudah Dapat Token Listrik Gratis Bulan Oktober, Langsung Masuk

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Riana