logo


Balitbangtan: Modernisasi Sektor Pertanian Sudah Memasyarakat

Langkah modernisasi di sektor pertanian tersebut belum bisa berjalan dengan baik.

7 Juni 2016 14:43 WIB

Ilustrasi petani.
Ilustrasi petani. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hingga saat ini banyak pihak masih mempertanyakan langkah modernisasi di sektor pertanian yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Pasalnya langkah modernisasi di sektor pertanian tersebut belum bisa berjalan dengan baik lantaran belum ada langkah sosialisasi dari pemerintah dan sebagian masyarakat petani masih gelap teknologi.

Menanggapi pernyataan tersebut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Muhammad Syakir menegaskan bahwa pihak pemerintah selalu hati-hati dalam membuat sebuah program, artinya sebelum program itu dikeluarkan sudah diperhitungkan matang-matang akan.banyak aspek pendukung dan aspek lainnya.


KKP-FAO Lakukan Training untuk Percepat Perluasan Area Minapadi di Indonesia

"Jadi langkah sosialisasi itu sudah sejak awal itu sudah dilakukan oleh pemerintah melalui timnya di lapangan," demikian katanya.

Namun, terkait dengan masih banyaknya para petani yang gelap teknologi, Syakir mengakui bahwa hal tersebut lebih dikarenakan banyak petani yang hanya berpendidikan rendah.

"Tetapi dengan adanya langkah sosialisasi yang sudah gencar di lakukan oleh pemerintah melalui tim di lapangan, saya kira masalah ini bisa teratasi," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya langkah modernisasi di sektor pertanian ini, saat ini produktivitas sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Sekarang kita melihat, dengan adanya langkah modernisasi ini hasil pertanian mengalami peningkatan dan proses pengolahan lahan bisa berjalan dengan cepat dengan biaya yang sangat murah," demikian tukasnya.

Menko PMK Harap Hasil JFSS-4 Berkontribusi Membangun Kedaulatan Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah