logo


Penting, Inilah Tips dan Trik Mengenalkan Makanan Pada Bayi

Tidak kalah penting adalah memerhatikan kesiapan bayi serta kebutuhan nutrisinya.

3 Juni 2016 19:12 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memperkenalkan makanan pada bayi sebaiknya disesuaikan dengan usianya. Mulailah dari tekstur makanan cair hingga kemudian meningkat menjadi lebih padat. Para ahli merekomendasikan untuk memberi makanan saat bayi menginjak usia enam bulan.

Tidak kalah penting adalah memerhatikan kesiapan bayi serta kebutuhan nutrisinya. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter sebelumnya.

Dikatakan oleh seorang Psikolog anak dan theraplay practitioner, Fathya Artha Utami, ada beberapa tanda yang bisa dikenali tentang kesiapan sang bayi untuk makan selain air susu ibu (ASI), yaitu mulai hilangnya refleks mendorong pada lidah, mulai ada kemampuan mengendalikan kepala dan leher untuk duduk tegak, serta ketertarikan pada makanan yang dapat dilihat dengan upayanya mengambil makanan orang lain.


Jangan Makan Makanan yang Sama Tiap Hari, Tidak Baik Bagi Kesehatan

"Sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa dikenali orang tua untuk melihat kesiapan bayi untuk makan. Mulai dari hilangnya refleks mendorong pada lidah bayi, mulai ada kemampuan mengendalikan kepala dan leher untuk duduk tegak maupun ketertarikannya pada makanan yang mereka lihat. Ada juga orangtua yang mulai mengenalkan makanan pada bayinya, namun, perlu diketahui jangan sembarangan mengenalkan makanan pada bayi. Ada tips dan triknya,"ungkap Fathya kepada Jitunews di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (2/6).

Adapun tips dan trik mengenalkan makanan bayi, adalah dengan cara berikut :

1. Orang tua harus menjadi contoh untuk memakan makanan yang ingin diberikan ke bayi.

2. Buat kegiatan maka menjadi menyenangkan sambil bermain menggunakan mainan yang pura-pura ikut memakan makanan yang ingin diberikan ke bayi.

3. Libatkan bayi untuk membeli atau ikut meletakkan bahan makanan bergizi pada makanannya.

4. Menyediakan variasi dari segi bahan, warna, dan olahan makanan.

5. Memberi bayi kesempatan mencicipi sedikit atau sepotong makanan yang belum dikenalnya.

6. Sebar dan tidak memaksakan bayi menghabiskan makanannya.

7. Berikan pujian atau pun pelukan ketika bayi mau mencoba atau pun memakan makanan yang ingin diberikan oleh orang tua.

"Sebaiknya pada tahapan mengenalkan makanan pada bayi, hendaknya orang tua mengenalkan sayur-sayuran atau buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh bayi. Buat makanan dalam bentuk yang lucu-lucu agar mereka mau mencoba makanan sehat dan bergizi itu. Dengan begitu maka bayi akan mulai terbiasa," pungkas Fathya.

Gak Perlu Buru-buru ke Dokter, Cukup Lakukan Ini Jika Bayi Mengalami Demam

Halaman: 
Penulis : Suciati, Syukron Fadillah