logo


Fakta Unik Seputar Daun Pandan Suji

Pada dasarnya, warna dan bentuk daun pandan suji sangat mirip dengan daun pandan wangi.

5 November 2014 09:51 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Daun pandan suji sering digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami karena memiliki warna hijau yang pekat. Daun pandan ini sering digunakan untuk pewarna kelepon dan putu ayu.

Sepintas, daun pandan suji bentuknya  mirip dengan daun pandan wangi. Namun, perbedaannya terletak pada wangi dan bentuk pohonnya. Daun pandan suji aromanya tidak sewangi daun pandan pada umumnya.

Aroma dari pohon suji tidak berasal dari daunnya melainkan dari bunganya. Aroma bunga dari pohon daun suji memiliki wangi yang sangat khas dan umumnya semerbak pada sore hari. Bunganya sendiri biasanya berwarna putih sedikit kekuningan, tapi terkadang juga ada beberapa bunga suji ini yang memiliki semburat warna ungu.


Genjot Produksi Jagung dengan IP400

Ciri Fisik

Pada dasarnya, warna dan bentuk daun pandan suji sangat mirip dengan daun pandan wangi. Bahkan boleh dikatakan bahwa bentuk keduanya sama atau identik. Yang membedakan keduanya adalah, ukurang daun pandan suji lebih pendek dan lebih kecil. Warna dari pandan suji pun cenderung lebih gelap.

Selain itu dari segi pohonnya, pandan suji ini termasuk perdu tegak atau pohon yang memiliki lingkar katu yang kecil dengan tinggi rata-rata bisa mencapai enam sampai delapan meter. Karena bentuknya yang indah, tidak jarang pula pohon pandan suji digunakan sebagai tanaman hias. Kebanyakan pohon suji ini tumbuh tersebar di beberapa negara di wilayah Asia seperti Birma, Cina bagian Selatan, Birma, Indo-Cina, Thailand dan dan sebagian wilayah Australia.

Penggunaan Daun Pandan Suji

Berbeda dengan daun pandan wangi yang dimanfaatkan untuk memberikan aroma pada masakan, daun pandan suji dikenal karena warna hijaunya yang sangat pekat. Umumnya daun pandan suji ditumbuk, kemudian diperas airnya untuk digunakan sebagai pewarna hijau alami. Selain itu, ada beberapa orang yang percaya bahwa kandungan kimia di dalam pandan suji berkhasiat untuk mengobati beragam penyakit. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun pandan suji diantaranya adalah zat flavonoid dan zat saponin. Adanya kedua kandungan ini dibuktikan dengan rasa dari daun suji ini yang cenderung sangat pahit dengan warna hijau pekat dan memiliki aroma yang sangat khas.

Teknologi Ion Beam, Padi Jadi Setinggi 1,5 m

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid