logo


Ahok Luncurkan Kartu Jakarta One, Ini Fungsinya

Dengan kartu tersebut, Pemprov DKI bisa mengelola informasi terkait pola aktivitas dan pergerakan warga DKI dalam mengakses sarana publik

3 Juni 2016 02:30 WIB

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. dok. beritajakarta.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan kartu Jakarta One yang dapat digunakan warga DKI sebagai kartu identitas elektronik sekaligus mengakses berbagai program dan sarana publik di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengatakan dengan kartu tersebut pihaknya dapat mengelola informasi terkait pola aktivitas dan pergerakan warga DKI dalam mengakses sarana publik. Tujuannya, agar Pemprov DKI dapat memformulasikan kebijakan yang berpihak kepada kebutuhan masyarakat.

"Harapan Jakarta bisa jadi etalase untuk menunjukkan pentingnya transaksi non-tunai untuk bantuan. Misalnya, bagaimana bus kami dapat melayani Anda dengan baik. Begitu juga dengan bantuan, kalau mau donasi, transfer saja ke bank," kata Ahok di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (2/6).


Putra Ahok Dipolisikan Terkait Dugaan Penganiayaan, Ini Pengakuan Korban

Ke depan lanjut dia, seluruh transaksi bisa menggunakan kartu Jakarta One sehingga tak ada lagi banyak kartu seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS). 

Hal tersebut tentunya sangat membantu masyarakat pengguna kartu itu. Pemprov DKI sendiri menggandeng Bank DKI untuk mendukung segala progam yang dijalankan

"Ya, semua jadi satu kartu. Semua data identitas kependudukan kita masukin," ujar Ahok.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi, mengungkapkan bahwa peluncuran prototype kartu Jakarta One untuk tahun 2016 masih dilakukan secara terbatas, yakni diperuntukkan bagi masyarakat yang memperoleh subsidi seperti penghuni rumah susun.

"Akan diperluas cakupannya pada tahun 2019 yang nantinya diharapkan kartu Jakarta One sudah berlaku secara multibank bagi semua warga DKI dan para pendatang yang ingin menikmati akses sarana publik," kata Kresno.

Putranya Dilaporkan ke Polisi, Bagaimana Reaksi Ahok?

Halaman: 
Penulis : Yunisa Herawati, Riana