logo


Pemerintah Perlu Memahami Kebutuhan Jenis Beras di Suatu Daerah

Ada banyak variasi beras yang menjadi unggulan dan favorit dari masing-masing daerah.

31 Mei 2016 18:40 WIB

Gudang penyimpanan beras Bulog.
Gudang penyimpanan beras Bulog. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hingga saat ini pemerintah cenderung memberikan kebijakan yang sama pada setiap daerah di tanah air, khususnya berkaitan dengan padi dan kebutuhan akan beras.

Mulai dari langkah tanam yang cenderung menggunakan jenis varietas yang sama, lantas pemerintah pusat kemudian mendistribusikan ke daerah-daerah dalam bentuk benih bersubsidi. bahkan hingga dalam proses penyaluran beras dalam bentuk Raskin atau Rasta.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI), langkah pengambilan keputusan di sektor pangan yang memberikan kebijakan yang sama pada setiap daerah yang memiliki kharakteristik berbeda sangat tidak efektif.

"Setiap daerah memiliki ciri khasnya, memiliki beras unggulannya dan menjadi favorit dari masyarakat setempat," demikian kata Ketua PP PERHEPI Bayu Krisnamurthi dalam acara seminar nasional bertajuk 'Prilaku Konsumen Beras: Implikasi Terhadap Kebijakan Beras Nasional', di Balai Kartini Jakarta, Selasa(31/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah perlu membaca hal yang menjadi kebutuhan di suatu daerah dan apa yang menjadi beras unggulan dan menjadi favoritnya.

"Maka untuk bisa menjawab ini pemerintah juga perlu memanfaatkan padi lokal dalam memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di suatu daerah," demikian katanya.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh PERHEPI di enam daerah, ada banyak variasi beras yang menjadi unggulan dan favorit dari masing-masing daerah. 

Berikut datanya:

Padang Beras Favoritnya; IR42,Sokan, Anak Daro, Beras Solok.
Jambi Beras Favoritnya; IR64, Ciherang, Cisadane, Muncul, Basmati.
Solo Beras Vaforitnya; IR64, Ciherang, C4, Pandan Wangi, Menthik.
Jember Beras Favoritnya; IR64, Ciherang, Cibogo, Mekong A.
Malang Beras Favoritnya; Mentari, Pandan Wangi, Bintang Timur, Cempaka.
Makassar Beras Favoritnya; Bromo, Ciliwung, Beras Kepala, Beras Lokal.


Brigade Alsin, Strategi Mentan Garap Lahan Rawa

Pimpinan DPR Puji Capaian Sektor Pertanian Era Amran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah