logo


5 Manfaat Mengajarkan Anak dengan Metode Montessori

Metode montessori merupakan hal yang diterapkan terutama untuk kelas pra-sekolah atau sekolah dasar.

30 Mei 2016 19:14 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Montessori adalah salah suatu metode pengajaran yang bertujuan untuk melatih kemandirian dengan memfasilitasi anak mempraktekan kegiatan sehari-hari secara langsung.

Dikatakan oleh, Diantari Wardriyana, SS, Dipl. Edu. Montessori, montessori merupakan metode yang diterapkan terutama untuk kelas pra-sekolah atau sekolah dasar, walaupun ada juga yang penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

"Metode ini menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik. Ciri lainnya adalah adanya penggunaan peralatan otodidak (koreksi diri) untuk memperkenalkan berbagai konsep," ungkap Diantari kepada Jitunews di Kemang, Jakarta Selatan, Senin (30/5).


Sejumlah Desainer IMFD Pamer Karya di Ajang Asia Islamic Fashion Week 2017

Lebih lanjut Diantari mengatakan manfaat mengajarkan anak dengan metode montessori memberikan banyak latihan kepada anak terutama di golden age, yakni :

1. Lebih cepat mempelajari suatu hal yang baru.

2. Anak menjadi lebih mandiri.

3. Meningkatkan rasa percaya diri karena bisa melakukan suatu hal sendiri.

4. Melatih fokus dan kesabaran anak ketika melakukan suatu kegiatan.

5. Melatih koordinasi gerak anak.

"Lima manfaat itu bisa dirasakan bagi para orang tua yang mengajarkan teknik montessori kepada anaknya terutama di masa golden age. Dengan begitu maka ia akan terlatih sampai mereka dewasa," pungkas Diantari.

Jelang Nikah Gak Perlu Panik, Baca Buku Karya TigaGenerasi Ini Aja!

Halaman: 
Penulis : Suciati, Syukron Fadillah