logo


Inilah Manfaat Yogurt yang Belum Banyak Diketahui

Yogurt ternyata bisa menghambat pertumbuhan sel kanker

27 Mei 2016 19:34 WIB

Yogurt
Yogurt net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejak tahun 2003, World Gastroenterology Organisation (WGO) telah menetapkan tanggal 29 Mei sebagai World Digestive Health Day (WDHD) untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia terhadap kesehatan pencernaan sebagai salah satu kunci mendapatkan kesehatan fisik yang menyeluruh sepanjang hari.

Menyambut perayaan WDHD tahun ini, Heavenly Blush dengan mottonya “Wellness Yogurt Specialist” juga ingin membantu WGO dalam menyampaikan pesan kesehatan pencernaan kepada masyarakat Indonesia melalui perayaan National Yogurt Day yang juga akan jatuh tiap tangga 29 Mei, per tahun 2016.

Dr. Marya W. Haryono, Mgizi, SpGK, mengatakan Berdasarkan studi dari American Society for Clinical Nutrition, studi yang menggunakan yogurt menunjukkan manfaat kesehatan yang menjanjikan untuk kondisi pencernaan, termasuk lactose intolerant, konstipasi, diare, kanker kolon, dan penyakit radang usus, infeksi helicobacter pylori, dan alergi. Pasien dengan kondisi ini diteliti dan mengalami perbaikan kesehatan pencernaan setelah mengonsumsi yogurt.


Heboh Janin Meninggal Gegara Rumput Fatimah, Dokter Kandungan Buka Suara

"Manfaat tersebut karena bakteri asam laktat (BAL) pada yogurt mendorong kinerja usus atau saluran pencernaan yang lebih optimal. Konsumsi yogurt yang dikombinasikan dengan asupan bernutrisi seperti buah dan sayur terbukti meningkatkan respon imun pada sistem pencernaan sehingga menurunkan resiko terserang penyakit saluran pencernaan seperti kanker kolon, diare, penyakit radang usus dan infeksi bakteri lain yang pertumbuhannya dihambat dengan mengkonsumsi yogurt," ujar Marya kepada Jitunews di Cassis Restaurant, Jakarta Selatan, kemarin.

Lebih lanjut, Marya mengatakan jika yogurt memiliki sifat Antimutagen dan Antikarsinogen, bakteri asam laktat yang ada dalam yogurt terbukti dapat menurunkan risiko kanker, karena bakteri asam laktat membantu mengaktifkan sistem imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

"Mengonsumsi yogurt dan disertai pola hidup yang sehat setiap hari bisa mengurangi pertumbuhan plak pada dinding arteri karotis secara signifikan, sehingga mengurangi resiko terserang menyakit jantung," katanya.

Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Halaman: 
Penulis : Suciati, Agung Rahmadsyah