logo


Operasi Pasar Kementan Tak Berdampak, Harga Bawang Merah Tetap Tinggi

Tingginya harga bawang merah tidak terlepas dari belum stabilnya pasokan ke pasar.

27 Mei 2016 14:37 WIB

Bawang merah.
Bawang merah. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kendati ada langkah operasi pasar bawang merah yang dilakukan oleh pemerintah, namun hingga saat ini harga bawang merah di pasar masih dirasakan cukup tinggi.

Para pedagang bawang merah di pasar masih mengakui bahwa tingginya harga pada saat ini tidak terlepas dari belum stabilnya pasokan bawang merah ke pasar.

"Pasokannya masih belum stabil mas, makanya harganya juga ikut berfluktiatif," demikian kata Anto salah satu pedagang bawang merah di pasar induk Kramat Jati, Jumat (27/5).


KKP-FAO Lakukan Training untuk Percepat Perluasan Area Minapadi di Indonesia

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa karena masih belum stabilnya pasokan bawang merah, maka dirinya terpaksa menaikan harga bawang tersebut hingga kisaran Rp 25.000/kg.

Terkait dengan adanya langkah operasi pasar bawang merah yang gencar dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga kestabilan harga di pasar, Anton mengatakan bahwa langkah tersebut belum sepenuhnya mempengaruhi harga jual bawang di pasar.

"Mungkin karena operasi pasarnya hanya sesekali ya mas, makanya tidak memberi dampak yang besar pada perubahan harga bawang di pasar," demikian katanya.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan bahwa dengan kisaran harga Rp25.000/kg di pasar induk Kramat Jati, dirinya meyakini bahwa harga di pasar-pasar kecil pasti mengalami kenaikan juga.

Sementara itu, sebelumnya Mentan Amran Sulaiman meyakini bahwa harga bawang menjelang lebaran bakal mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pasalnya, turunnya harga bawang tersebut karena pasokan ke pasar mulai stabil. Bahkan di sejumlah tempat sentra tanaman bawang merah sudah mulai melakukan langkah panen.

Mentan menargetkan bahwa penurunan harga bawang bisa berada pada kisaran harga Rp 20.000/kg.

Diplomasi Kopi Presiden Jokowi

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah