logo


Selain Cantik, Bunga Passiflora Juga Punya Khasiat Herbal Lho! Tanam Yuk?

Ekstrak bunga passiflora diyakini dapat menenangkan syaraf dan masih digunakan hingga saat ini untuk menangani penderita insomnia dan kecemasan yang berlebihan.

27 Mei 2016 12:13 WIB

Passiflora memiliki warna bunga yang bermacam-macam, ada yang berwarna putih kehijauan dengan bias warna ungu, ada pula yang berwarna putih-pink, berwarna merah menyala dan masih banyak lagi.
Passiflora memiliki warna bunga yang bermacam-macam, ada yang berwarna putih kehijauan dengan bias warna ungu, ada pula yang berwarna putih-pink, berwarna merah menyala dan masih banyak lagi. id.aliexpress.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Selama ini, beberapa jenis bunga hanya dijadikan sebagai penghias pekarangan rumah saja. Tetapi beberapa jenis bunga ternyata memiliki khasiat tertentu, salah satunya adalah passiflora.

Bunga yang bernama Latin Passiflora incarnate atau popular dengan sebutan passion flower ini merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Serikat. Ia ditemukan di Ohio, California, dan Florida Keys. Tanamannya pun lantas menyebar ke Amerika Selatan, Cina, dan Asia Selatan, dan Australia.

Menilik penampilannya, passiflora memiliki warna bunga yang bermacam-macam, ada yang berwarna putih kehijauan dengan bias warna ungu, ada pula yang berwarna putih-pink, berwarna merah menyala dan masih banyak lagi.


5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

Selain dapat memperindah pekarangan, bunga merambat ini juga dipercaya sebagai tanaman obat. Dikutip dari laman mekarsari.com, ekstrak bunga passiflora diyakini dapat menenangkan syaraf, yang masih digunakan hingga saat ini untuk menangani penderita insomnia dan kecemasan yang berlebihan.

Selain itu, teh passiflora juga berkhasiat melemaskan ketegangan otot, memperlancar sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan menghilangkan rasa pegal-pegal. So, jika Anda ingin menanam tanaman obat namun ingin pula mempercantik taman dengan tanaman rambat, passifloralah jawabannya.

Lantas, apakah merawat bunga passiflora ini sulit? Menurut laman theherbgardener.blogspot.com, merawat passiflora tidaklah sulit. Passiflora suka sekali dengan tanah yang lembab dan tanah yang didrainase dengan baik dengan pH 6.1 -7.5.

Ia dapat tumbuh di tempat yang banyak terkena sinar matahari ataupun yang terkena sedikit bayangan matahari. Karena tanaman ini tidak sulit dibudidayakan, ia pun bisa tumbuh di tanah yang kurang subur. Namun, ada baiknya Anda konsisten menyirami tanaman ini.

Teknik Perbanyakan Tanaman. Bunga passiflora dapat dikembangkan dengan cara menanam bijinya. Caranya, ambil polong biji dari tanaman yang sudah tua. Hilangkan bagian yang menyerupai agar-agar dari biji lalu keringkan di tempat yang hangat dan gelap.

Setelah itu, siapkan tanah yang berpasir yang telah direndam dalam air selama beberapa hari. Tanam biji passion flower ini pada tanah yang telah disiapkan. Namun sayangnya jika dikembangkan dari biji, passiflora akan sangat lama untuk tumbuh. Hampir setahun hanya untuk melihat kecambahnya muncul dari dalam tanah.

Eits, tapi semuanya akan terbayar saat kecambah hijau ini muncul dari permukaan tanah dan merambat serta mengeluarkan bunganya yang cantik kan?

Bagaimana, Anda tertarik menanam passiflora?

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Riana