logo


Suka Tanaman Hias? Yuk, Datang ke Sentra Tanaman Hias Karawaci!

Tak hanya tanaman hias, para pedagang pun menyediakan aneka batu alam, pot, dan jasa pembuatan taman

26 Mei 2016 09:00 WIB

Di sentra tanaman hias Karawaci ini sedikitnya ada sekitar 50 pedagang yang menjajakan tanaman hias di trotoar jalan. Jadi, jika berkunjung ke sini, Anda hanya bisa memarkirkan kendaraan di tepi jalan.
Di sentra tanaman hias Karawaci ini sedikitnya ada sekitar 50 pedagang yang menjajakan tanaman hias di trotoar jalan. Jadi, jika berkunjung ke sini, Anda hanya bisa memarkirkan kendaraan di tepi jalan. kontan

TANGERANG, JITUNEWS.COM – Memiliki tanaman hias di pekarangan rumah tentunya dapat membuat Anda lebih rileks hanya dengan melihatnya saja.

Nah, bagi Anda yang ingin memburu tanaman hias, coba sesekali datang ke sentra tanaman hias di kawasan Karawaci, tepatnya di Jalan M.H Thamrin, Karawaci, Kota Tangerang, Banten.

Sejauh mata memandang, Anda akan melihat aneka jenis tanaman hias di sana. Tak hanya tanaman hias, para pedagang pun menyediakan aneka batu alam, pot, dan jasa pembuatan taman.


Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!

Di sentra tanaman hias Karawaci ini sedikitnya ada sekitar 50 pedagang yang menjajakan tanaman hias di trotoar jalan. Jadi, jika berkunjung ke sini, Anda hanya bisa memarkirkan kendaraan di tepi jalan.

Anda pun tak perlu khawatir kendaraan akan ditilang atau diderek petugas lalu lintas karena parkir di sisi jalan, karena para pedagang di sentra penjualan tanaman hias Karawaci ini mengaku sudah memperoleh izin usaha dari Pemerintah Kota Tangerang.

Merunut sejarahnya, sentra tanaman hias Karawaci ini berdiri sejak tahun 1990. Salah satu pedagang tanaman hias, Urip, menuturkan bahwa ketika itu, pedagang yang menjual tanaman hias baru berjumlah sekitar 10 orang.

Namun, melihat potensi bisnis di kawasan ini sangat prospektif, kata Urip, akhirnya setiap tahun terus berdatangan para pedagang tanaman hias di sentra Karawaci.

Di lapaknya, Urip menjual aneka tanaman hias seperti pucuk merah, palem, bunga mawar, bunga kamboja, anturium, bibit pohon mangga, aneka pot dan pupuk kompos. Harga tanaman yang dipatok Urip bervariasi, mulai Rp 5.000 hingga Rp 200.000 per pot.

Sementara itu, aneka pot dibanderol Urip dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 75.000 dan pupuk Rp 30.000 per kemasan. Dari penjualan tanaman hias, Urip mengaku bisa meraup omzet Rp 500.000 per hari. Jadi, dapat diasumsikan dalam sebulan Urip bisa mengantongi omzet sekitar Rp 15 juta. Wow!

Pedagang lainnya di sentra penjualan tanaman hias Karawaci adalah Abidin. Di lapaknya yang diberi nama Flower Beauty, Abidin menjual aneka tanaman hias seperti pohon bugenvile, mawar, melati dan kamboja.

Harganya dibanderol Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per pot. Abidin mengaku, musim ramai pengunjung biasanya menjelang hari raya besar dan tahun ajaran baru pendidikan. 

"Paling ramai itu saat tahun ajaran baru. Sebab, ada kegiatan orientasi siswa baru yang terkadang diharuskan membawa tanaman hias dari pihak sekolah," ungkap Abidin, dikutip dari kontan.

Sama seperti Urip, Abidin mengaku jika sedang ramai pengunjung, omzetnya bisa tembus Rp 500.000 per hari atau Rp 15 juta per bulan.   

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Riana