logo


Mari Mengenal Jenis-jenis Kaktus

Berikut ini beberapa jenis kaktus yang tersebar di seluruh dunia

4 November 2014 09:31 WIB

Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang kerap diincar kolektor (ISTIMEWA)
Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang kerap diincar kolektor (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Kaktus merupakan tanaman berbatang sukulen yang mampu menyerap dan menyimpan air dalam jumlah banyak. Karena biasa hidup di daerah kering seperti gurun, kaktus memiliki daun yang berubah menjadi duri. Dan duri inilah yang berguna untuk mengurangi penguapan air lewat daun. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan tanaman berduri ini, dan mungkin belum tahu jenis-jenis tanaman kaktus, berikut beberapa jenis Kaktus yang tersebar di seluruh dunia :   
 

1.    The Fishhook Cactus
The Fishhook Cactus adalah nama umum untuk setiap spesies Hook-Spined dari family Mammillaria atau Sclerocactus. Mereka adalah Kaktus kecil, biasanya tumbuh sekitar 6-7 inci (20 cm) tinggi. Sementara, duri–duri pada Kaktus jenis ini menancap hingga ke ujung bawah Kaktus sehingga membuat duri ini nampak seperti mata kail. Kaktus Fishhook ini juga biasa tumbuh dekat dengan tanah dalam posisi berkumpul antara satu Kaktus dengan Kaktus yang lain. Biasanya, Kaktus ini hidup di daerah Gurun Sonora yang berada di Amerika Serikat-perbatasan Meksiko.
 

2.    Totem Pole Cactus
Totem Pole Cactus merupakan pemberian nama untuk beberapa Kaktus berbatang tinggi dan silinder yang memiliki permukaan bergelombang. Dan kadang kala bentuknya menyerupai pola lain di alam. Kaktus jenis ini berbatang duri halus dan tumbuh berkelompok di sekitar pangkal tanaman aslinya. Kaktus ini bisa ditemukan di bagian selatan Meksiko dan wilayah Amerika Selatan. Totem Pole Cactus sangat tahan terhadap panas, namun kurang bisa bertahan dalam musim dingin. 
 

3.    The Fishhook Barrel Cactus
The Fishhook Barrel Cactus (Ferocactus wislizenii) dapat diidentifikasi sesuai ketebalan batangnya yang berdiameter sekitar 2 kaki, tubuh berbentuk barel dengan duri panjang. Selain itu, bunga dan buahnya selalu tumbuh di atas tanaman. The Fishhook Barrel Cactus cenderung tumbuh di lembah lantai atau lereng berbatu. Spesies ini ditemukan di Arizona Selatan-Tengah dan Utara Gurun Sonora, Meksiko. Namun ada populasi lain yang tersebar di selatan New Mexico dan Texas Barat. Rentang hidupnya sekitar 50-100 tahun. Kaktus ini biasanya tumbuh 2-4 meter tetapi mungkin tumbuh lebih tinggi hingga 6-10 meter. The Fishhook Barrel Cactus sering juga mendapat sebutan "Compass Barrel". Sebabnya, beberapa tanaman ini lebih besar dan bersandar ke arah Barat Daya. 
 

4.    Sedum Morganianum (Kaktus Anggur)
Sedum Morganianum/Kaktus Anggur adalah spesies tanaman Kaktus berbunga dalam keluarga Crassulaceae, yang berasal dari Selatan Meksiko dan Honduras. Sedum Morganianum tumbuh dengan baik di luar atau di dalam ruangan, di bawah sinar matahari yang ringan dan tidak terlalu ekstrim. Tanaman ini sebaiknya ditanam di bawah sinar matahari penuh untuk pertumbuhan yang kuat dan meningkatkan warna daun. Oleh karena itu, kaktus jenis ini membutuhkan penyiraman moderat yang teratur sepanjang tahun. Kecuali di musim dingin yang harus jarang disiram. Pasalnya, jika kelebihan air Kaktus ini dapat rusak dalam waktu singkat. 
 

5.    Opuntia Cochenillifera (Kaktus Centong)
Kebiasaan utama Opuntia Cochenillifera/Kaktus Centong ini adalah tumbuh dengan tinggi 6 meter. Kaktus ini memiliki sendi dalam bentuk elips, dengan habitat utama di sepanjang tepi Iklim kering. Opuntia Cochenillifera ditemukan di Kepulauan Bahama serta Meksiko. Di Kepulauan Bahaman Opuntia Cochenillifera digunakan untuk berbagai macam kesehatan. Biasanya, Kaktus ini, diminum sebagai teh untuk mengobati peradangan (rematik, radang sendi, dan asam urat) serta untuk mandi dan sebagai shampo.
 

6.    Opuntia Linguiformis (Kaktus Lidah Sapi)
Kaktus ini berbentuk besar yang melakukan penumpukan air di dalam batang. Memiliki ukuran sekitar 4-6 kaki. Memiliki daun berbentuk bantalan besar yang khas yakni bulat di dasar dan meruncing ke titik bundar. Kaktus ini menghasilkan bunga berwarna kuning dan mekar di musim semi. Sedangkan buahnya berbentuk oval.

 

Kaktus Hias: Beda Nama, Beda Keindahan, Beda Pula Sensasinya

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah