logo


Cara Alami Dapatkan Rambut Hitam Berkilau, Pakai Teh!

Penggunaan bahan herbal untuk menghitamkan warna rambut ini akan lebih efektif jika didukung dengan pola hidup yang sehat.

23 Mei 2016 09:05 WIB

Teh hitam.
Teh hitam. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Meski tren pewarnaan rambut semakin berkembang di Indonesia, namun hingga saat ini warna rambut hitam masih tetap menjadi primadona. Bahkan untuk mendapatkan kilau rambut hitam ini banyak wanita rela menjalani treatment pewarnaan rambut dengan budget tak sedikit. 

Padahal, kilau rambut hitam alami ini bisa diperoleh dengan rutin mengoleskan bahan-bahan alami yang kaya kandungan antioksidan, seperti teh misalnya. Bagaimana caranya?

Menurut Wisnu Broto, herbalis yang praktik di daerah Tebet, Jakarta Selatan, sebenarnya penggunaan bahan herbal untuk menghitamkan warna rambut ini akan lebih efektif jika didukung dengan pola hidup yang sehat. 


Ramuan Herbal Jitu untuk Turunkan Berat Badan 7 Kg dalam Sebulan

"Bukannya tanpa alasan, sebagus apapun obat atau bahan alami yang digunakan namun jika tidak didukung oleh pola hidup yang baik, maka hasilnya pasti tidak akan sempurna," tutur Wisnu.

Cara Aplikasi. Kandungan vtamin B12, katekin, serta kandungan antioksidannya (vitamin A, C dan vitamin E) yang tinggi membuat teh bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan herbal untuk menghitamkan rambut. '

andungan bahan herbal ini memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat ini diharapkan ikut memicu pertumbuhan sel rambut menjadi lebih kuat. 

Tak hanya itu saja, menurut Amienah Syafa’ah, herbalis, sel rambut yang baru tumbuh ini diharapkan akan memiliki warna hitam yang berkilau. 

Agar hasilnya lebih maksimal dalam menghitamkan rambut, Anda dianjurkan untuk memilih teh hitam. Karena teh satu ini kaya akan kandungan katekin yang sangat tinggi. Sebagaimana diketahui, katekin merupakan senyawa yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik sehingga bisa digunakan sebagai penangkal radikal bebas (penyebab penuaan dini) yang sangat baik. Dengan demikian, tak salah jika teh hitam lebih baik dibandingkan dengan minuman jenis teh lainnya.

Agar rambut hitam bisa tumbuh dengan kuat, teh hitam bisa dikombinasikan dengan bunga melati. Cara membuat dan memakai teh hitam untuk menghitamkan rambut:

  • Siapkan 1 sdm teh hitam, diseduh dengan air hangat.
  • Siapkan 1-3 lembar bunga melati.
  • Campurkan teh hitam dan bunga melati, lalu didiamkan selama semalam.
  • Keesokan harinya, air teh hitam dan melati dioleskan ke rambut hingga akar rambut, sembari kulit kepala dipijat ringan dengan gerakan memutar hingga menghasilkan sedikit busa. 
  • Tutup kepala dengan handuk kecil agar kandungan dalam teh hitam bisa meresap sempurna.
  • Diamkan selama 30-60 menit, lalu dibilas dengan air bersih dan keramas.
  • Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.

Jika perawatan ini Anda lakukan secara rutin, maka dalam waktu satu bulan saja sudah terlihat hasilnya rambut terlihat lebih hitam dari sebelumnya. Hasil maksimal akan diperoleh setelah menjalani perawatan selama dua bulan.

Agar hasilnya lebih sempurna, selain rutin mengoleskan maskernya, sebaiknya Anda juga menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur 2-3 kali seminggu, serta mengurangi tingkat stres. Semoga infornya bermanfaat ya!

Teh Daun Sukun, Pulihkan Sakit Ginjal dan Jantung

Halaman: 
Penulis : Riana