logo


Ini Saran Dokter Ahli untuk Mencegah Hipertensi

Berhenti merokok merupakan salah satu upaya dalam mengubah gaya hidup sehat demi pencegahan hipertensi

19 Mei 2016 10:10 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hipertensi atau tekananan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal, yaitu melebihi 140/90 mmHg. Jika sudah terkena hipertensi, besar kemungkinan penyakit juga akan mengikuti, seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan demensia. 

Saat ditemui JJITUNEWS.COM di Perki House, Bendungan Hilir, Jakarta Selatan, (18/5) kemarin, Ketua InaSH, Dr. dr. Yuda Turana, SpS, mengatakan, untuk mencegah hipertensi maka kita harus menganut pola hidup sehat seperti:

1. Olahraga


Gula Kayu Jadi Solusi Atas Asupan Gula Berlebih pada Masyarakat

Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga secara teratur bias menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, berenang atau treamill. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak tiga kali seminggu.

2. Kurangi asupan garam

Pilihlah makanan yang baik (makan yang sehat dan bergizi serta mengurangi garam). Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam. Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Mengontrol berat badan, tekanan darah dan gula dalam darah

Kendalikan kadar kolesterol dan diabetes. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan dan mintalah ke dokter Anda agar memberikan obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

4. Berhenti merokok dan tidak mengonsumsi alkohol

Merokok melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Berhenti merokok merupakan salah satu upaya dalam mengubah gaya hidup sehat demi pencegahan hipertensi. Selain itu, penting juga menghindari minuman yang beralkohol.

"Dengan melaksanakan gaya hidup sehat maka dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah meningkatnya tekanan darah tinggi, meningkatkan efektivitas obat tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal," pungkas Dr. Yuda.

Penjelasan Dokter Tentang Kehebatan Gula Kayu Terhadap Kesehatan Manusia

Halaman: 
Penulis : Suciati, Riana