logo


Efek Dahsyat Menaruh Tanaman Hias di Meja Kantor Menurut Peneliti

Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental pekerja

18 Mei 2016 16:27 WIB

Meja kantor dihiasi tanaman.
Meja kantor dihiasi tanaman. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika Anda merasa kurang produktif dan mudah stres saat berada di kantor, coba deh taruh tanaman hias di atas meja kerja Anda. Pasalnya, menurut riset, tanaman hias di meja kerja bisa mendongkrak produktivitas dan meningkatkan kebahagiaan.

Dilansir oleh Guardian, riset yang dilakukan oleh Dr Chris Ksatria bersama rekan-rekannya dari Exeter University, mengungkapkan bahwa produktivitas pekerja meningkat 15 persen setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman. Sebelumnya, meja pekerja ini kosong dan tidak dihiasi apa pun. Mereka telah mempelajari ihwal produktivitas dan tanaman hias di meja kerja selama 10 tahun.

Riset lain juga dilakukan oleh Profesor Alex Haslam dari UQ's School of Psychology. Riset tersebut makin menguatkan alasan untuk meletakkan sebuah pot tanaman hias di atas meja kerja. Sebab, tanaman di kantor juga meningkatkan kepuasan karyawan dan kualitas hidup.


Catat! Ini Faktor Penting dalam Merawat Anggrek

Alex Haslam mengatakan bahwa penemuan manfaat tanaman hias yang ditaruh di atas meja kantor seharusnya dimanfaatkan oleh para pemilik perusahaan dengan mulai membuat kondisi ruang kerja lebih hijau yang dihiasi dengan banyak tanaman.

Penelitian ini dilakukan selama beberapa pekan di tiga perusahaan. Para peneliti mengatakan bahwa kualitas udara menjadi lebih baik setelah tanaman hias ditaruh di atas meja. Selain itu, mereka juga merasa lebih berenergi, mudah berkonsentrasi, dan nyaman berada di tempat kerja.

Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan, menurut Threehugger, juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental pekerja. Tanaman dalam pot dapat mengurangi kelelahan, stres, sakit kepala, batuk, dan kulit kering.

Seperti ditulis DailyMail, penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Norwegian University of Life Science dan Uppsala University, Swedia, melibatkan 385 pekerja sebagai responden.

Jumlah pekerja yang absen dari pekerjaan karena sakit dipelajari dan diamati. Kemudian mereka ditanya, berapa banyak tanaman yang mereka lihat di atas meja kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak pekerja yang melihat tanaman di atas meja mereka, semakin berkurang jumlah pekerja yang izin meninggalkan pekerjaan karena sakit.

"Secara psikologis, melihat tanaman atau pohon dapat menyegarkan," ujar kepala tim peneliti, Tina Bringslimark.

Bahkan, menurut Ruth K. Raanaas dari Norwegian University of Life Sciences, dikutip dari Lifehacker, adanya tanaman hijau di atas meja kerja atau pemandangan hijau yang dapat dilihat dari jendela kantor akan memberi kesempatan bagi otak untuk istirahat.

"Kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar hidupnya di kantor. Meletakkan pot tanaman hijau di kantor adalah cara sederhana dan efektif untuk menjaga konsentrasi dan kebahagiaan karyawan," tuturnya.

So, Anda tertarik menaruh tanaman hias di atas meja kerja? 

Cara 'Beda' Tanam Kaktus di Rumah, Dijamin Ciamik!

Halaman: 
Penulis : Riana