logo


Harga Pangan Naik Jelang Ramadhan, Bustanul Arifin: Itu Hal yang Wajar

Pasalnya, kenaikan tersebut lebih disebabkan karena adanya lonjakan kebutuhan masyarakat menjelang hari raya

18 Mei 2016 13:36 WIB

Bustanul Arifin.
Bustanul Arifin. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Ekonomi, Bustanul Arifin, mengatakan bahwa adanya sedikit kenaikan harga menjelang ramadhan merupakan hal yang wajar. Pasalnya, kenaikan tersebut lebih disebabkan karena adanya lonjakan kebutuhan masyarakat menjelang hari raya.

"Ada kenaikan sedikit harga menjelang ramadhan merupakan hal yang biasa, karena lonjakan kebutuhan dan besarnya permintaan konsumen yang kemudian dijawab oleh pasar dengan adanya pergeseran harga," tutur Bustanul saat melakukan diskusi publik yang bertajuk 'Arah Kebijakan Pangan' di Warung Cikini, Jakarta, Rabu (18/5).

Lebih lanjut Bustanul mengatakan, adanya pergeseran harga ini sudah dibaca oleh pemerintah dengan melakukan langkah antisipasi cepat melakukan operasi pasar dan menambah stok pangan di pasar-pasar.


Ke Petani, Pupuk Indonesia: Gunakan Pupuk Berkualitas

"Kalau nanti ada kenaikan, hal itu tidak terlalu berarti, karena sudah ada langkah antisipasi dari pemerintah," tutur Bustanul.

Ia juga berharap agar para pedagang tidak melakukan langkah spekulasi dengan mulai menaikkan harga pangan di pasar.

"Biasanya karena ada hari raya dan permintaan semakin meningkat maka pasar mulai berspekulasi dengan 'bermain harga'. Saya berharap, para pedagang tidak memanfaatkan saat-saat lebaran ini untuk mencari keuntungan berlipat," pungkas Bustanul.

Kementan: Tak Ada lagi Impor Benih Jagung

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Riana