logo


Pemerintah Bakal Kurangi Impor Gula

Kuota impor gula mentah untuk tahun 2014, kurang lebih mencapai 3 juta ton.

3 November 2014 13:58 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah bakal mengurangi impor gula agar produksi di dalam negeri mampu berkembang dengan baik. Hanya saja kepastian pengurangan masih akan dibahas lebih lanjut mengenai berapa besar pengurangannya itu.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Senin (3/11) di Jakarta mengatakan, jika pemerintah akhirnya mengurangi impor gula mentah maka hal tersebut harus memiliki tujuan yang lebih besar yakni mendorong industri dalam negeri untuk berkembang dan lebih baik. "Hanya saja ini masih perlu dibahas lebih lanjut," katanya.

Seperti diketahui, kuota impor gula mentah untuk tahun 2014, kurang lebih mencapai 3 juta ton. Namun impor tersebut harus dikurangi 187.000 ton. Pengurangan dilakukan sebagai bentuk sanksi dari Kementerian Perdagangan akibat adanya perembesan gula rafinasi ke pasar konsumen, sehingga sisa kuota kurang lebih sebanyak 2,8 juta ton.


Dinilai Tak Wajar, Menteri Pertanian Diduga Bermain Polemik Impor

Hingga semester pertama tahun 2014, realisasi impor gula mentah sudah mencapai kurang lebih 2,1 juta ton. Sementara yang masih belum masuk ke Indonesia kurang lebih sebanyak 635.000 ton dan direncanakan masuk pada semester II tahun 2014.

 

PKB: Ya Memang Lucu, Sumber Daya Kita Melimpah Tapi Impor

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid