logo


Perkuat Pasokan Gas Bumi, PGN Bakal Maksimalkan FSRU Lampung

Keberadaan FSRU Lampung juga diperuntukan untuk mengurangi impor gas bumi

16 Mei 2016 17:07 WIB

Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung.
Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung. hsecenter-id.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Guna memperkuat pasokan gas bumi ke pengguna gas di dalam negeri, PT Perusahaan Gas Negara/PGN (Persero) Tbk akan memaksimalkan keberadaan Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung.

Direktur PGN, Danny Praditya, mengungkapkan selain untuk mendukung penyerapan produksi gas dalam negeri, keberadaan FSRU Lampung juga dimaksudkan untuk mengurangi impor gas bumi.

"PGN akan terus membangun jaringan infrastruktur gas bumi, agar produksi gas nasional yang cukup besar mampu diserap lebih banyak di dalam negeri," ungkap Danny kepada wartawan, Jakarta, Senin (16/5).


Wuih! Selama 2018, Pipa Gas PGN Bertambah Sepanjang…

Pekan depan, menurut Danny, FSRU Lampung akan menerima kargo Liquified Natural Gas (LNG) yang ketiga dari Kilang Tangguh di Papua. Hingga saat ini, PGN telah menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia.

Seperti diketahui, pelanggan PGN tersebar mulai dari Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

Gas bumi PGN saat ini mengalir ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Di samping itu, Gas bumi PGN juga mengalir ke 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Selain itu, infrastruktur pipa gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 7.000 kilometer (km). Jumlah tersebut setara dengan 76 persen total pipa gas hilir yang ada di seluruh Indonesia.

"Subsidi Energi Terus Kita Kurangi, Dialihkan untuk...."

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin