logo


Catat! Ini Langkah Jitu Bersihkan Rumah dan Segala Isinya dengan Jeruk

Jeruk mengandung d-limonene yaitu pelarut alami yang membersihkan minyak dan kotoran serta membuat rumah Anda berbau segar

16 Mei 2016 11:30 WIB

Buah jeruk.
Buah jeruk. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setiap orang pasti ingin mempunyai rumah yang bersih dan rapi. Namun, produk pembersih yang tersedia di pasar saat ini biasanya berbahan kimia yang berbahaya dan bahkan bisa mengancam kesehatan penghuni rumah. Sadar atau tidak, produk pembersih justru malah lebih berbahaya yang membuat kita merogoh kocek yang dalam.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan pembersih rumah yang aman sekaligus murah, lebih baik gunakan bahan alami semisal buah jeruk.

Dikutip dari Liputan6.com, dengan mengombinasikan jeruk, cuka dan baking soda, Anda sudah bisa membersihkan rumah Anda dengan cara yang alami. Pasalnya, jeruk mengandung d-limonene yaitu pelarut alami yang membersihkan minyak dan kotoran serta membuat rumah Anda berbau segar.


Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Lantas, bagaimana caranya? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Pembersih super dari jeruk

  • Langkah pertama, masukkan kulit jeruk ke dalam botol kaca dengan variasi pilihan berikut: kulit jeruk dengan daun mint, kulit jeruk dengan tangkai thyme, kulit jeruk dengan rosemary dan vanili, kulit jeruk dengan kayu manis, cengkeh, dan ekstrak almond.
  • Selanjutnya, tuangkan cuka putih ke dalamnya dan diamkan campuran tersebut selama dua minggu. Setelah dua minggu, buang kulit jeruk. Encerkan campuran cuka dan kulit jeruk tersebut dengan air (perbandingannya antara 1:1 atau 1:2).
  • Tuangkan ke dalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan permukaan keramik, batu, porselen, marmer, dan granit. Yang harus Anda ingat, cairan pembersih ini sangat kuat dan dapat mengubah warna kayu. Karenanya, pastikan untuk mengujinya terlebih dahulu di benda yang tidak terpakai.

2. Pembersih noda membandel di pakaian

  • Caranya, gosok bagian ketiak maupun bagian lainnya yang memiliki noda membandel dengan campuran jus seperti di atas.
  • Untuk membersihkan noda tinta, sebaiknya segera setelah terkena tumpahan noda. Lalu segera cuci pakaian dengan air dingin.
  • Untuk menyingkirkan jamur dan noda karat pada pakaian, gunakan pasta jus jeruk dan garam, lalu biarkan kering di bawah sinar matahari. Ulangi sampai hilang.
  • Untuk pemutih pakaian, campur bagian yang sama dari baking soda dan jus jeruk, lalu gunakan untuk merendam pakaian.

3. Pembersih piring bernoda lemak

Tambahkan satu sendok teh jus jeruk atau lemon untuk deterjen piring cair untuk memberikan daya pembersih ekstra.

4. Pembersih sekitar rumah

  • Untuk membuat penyegar ruangan, gunakan jus lemon atau jeruk segar dan air dalam botol semprot.
  • Untuk membersihkan furnitur, gunakan setengah cangkir jus lemon atau jeruk dan satu cangkir minyak zaitun. Campuran ini juga dapat digunakan untuk membuat lantai kayu bersinar.
  • Untuk membuat lemari es tetap berbau segar, gunakan separuh jeruk agar bau tidak enak bisa terserap.
    Membersihkan microwave pun cukup mudah dengan menggunakan jeruk. Tempatkan setengah jeruk atau lemon dalam semangkuk air, letakkan di bagian dalam microwave. Panaskan selama tiga menit. Setelah itu, Anda akan mencium bau yang segar.

Tertarik mencobanya?

Trik Jitu Menanam Bunga Hias Dalam Pot

Halaman: 
Penulis : Riana