logo


Telur Asin Rasa Asap, Lebih Sehat dan Lebih Enak

Asap cair merupakan anti oksidan alami yang dapat memberikan cita rasa yang spesifik dan lebih sehat.

3 November 2014 12:31 WIB

Istimewa
Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM –Telur asin merupakan salah satu produk olahan telur tradisional Indonesia yang diperoleh dengan cara penggaraman. Ada beberapa metode penggaraman yang biasa digunakan dalam pembuatan telur asin. Metode perendaman dengan larutan air garam, metode perendaman dengan adonan garam, dan metode pemeraman telur dengan campuran garam, batu bata dan abu gosok.

Citarasa yang didapatkan dari perendaman telur pada garam ini selama ini hanya rasa asin. Apabila proses penggaraman tidak optimal akan menyebabkan terciumnya bau amis dan bau busuk pada telur. Untuk mengatasi hal tersebut penggaraman untuk telur asin dapat menggunakan asap cair (liquid smoke).

Asap cair yang digunakan pada proses penggaraman dapat mempertahankan asam lemak dalam telur, termasuk omega-3, sehingga telur yang dihasilkan mengandung omega-3 yang tinggi. Selain itu, proses penggaraman oleh asap cair dapat menurunkan kadar air pada putih telur dan kuning telur. Kelembaban kuning telur yang menurun akan meningkatkan kepadatan kuning telur sehingga akan menghilangkan bau busuk dan amis dari telur. Asap cair juga memiliki sifat antioksidatif  dan dapat digolongkan sebagai anti oksidan alami yang dapat memberikan cita rasa yang spesifik dan lebih enak.


Jagung Transgenik, Produk Bioteknologi Pengundang Kontroversi

Cara perendaman dengan menggunakan asap cair sama saja dengan metode yang lain. Telur yang kulitnya sudah dibersihkan, kemudian direndam dengan campuran garam dan asap cair di dalam wadah tertutup rapat selama sekitar 12 hari. Cara ini selain lebih mudah juga akan menjadikan telur asin memiliki cita rasa yang lebih enak dan lebih sehat.

 

Teknologi Jitu Robot Khusus Pemanggil Walet

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid