logo


Tips Jitu Membuang Biji Cabai ala Sisca Soewitomo

Membuang biji dengan membelah cabai menjadi dua tersebut akan membuat rasa dari cabai itu berkurang.

10 Mei 2016 15:53 WIB

Praktisi Kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo.
Praktisi Kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo. Facebook/Sisca Soewitomo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bagi Anda yang kerap memasak masakan pedas, pasti tak akan melewatkan cabai, kan? Nah ketika hendak mengolah cabai, umumnya kita mengeluarkan atau membuang bijinya dengan cara membelahnya menjadi dua, padahal cara ini salah lho!

Menurut Praktisi Kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo, membuang biji dengan membelah cabai menjadi dua tersebut akan membuat rasa cabai tersebut berkurang. 

"Jika ingin mengeluarkan biji cabai bukan dengan cara membelah cabainya. Untuk mengeluarkannya bisa dilakukan dengan tiga cara. Bahkan, caranya sangat mudah," tutur Sisca dikutip dari okezone.


Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Langkah pertama, kata Sisca, gunakan kedua telapak tangan Anda untuk memutar cabai. Lakukan pemutaran dengan cepat.

"Teknik ini akan membuat bagian dalam cabai menjadi kendur sehingga biji cabai akan semakin mudah terlepas dari daging cabainya," ujar Sisca.

Berikutnya adalah mengetukkan cabai di talenan atau meja dapur Anda setelah diputar cabainya dengan memakai kedua telapak tangan.

Sisca mengatakan, dengan diketuk maka biji cabai secara perlahan akan terlepas dari daging cabainya.

"Setelah diputar kemudian diketuk beberapa kali, jangan terlalu kuat mengetukkan cabainya. Jika terlalu kuat maka tekstur cabai di bagian luar akan terlihat jelek. Setelah itu putar kembali cabainya," bebernya.

Langkah terakhir, lanjut Sisca, adalah memotong bagian tangkai cabai. Hal ini akan membuat biji cabai bisa keluar dengan mudah.

"Tuangkan biji cabai melalui lubang tangkai cabai yang dipotong tadi. Bila masih ada sisanya, potong bagian buntut cabai. Mudahkan," tutup Sisca.

Trik Jitu Menanam Bunga Hias Dalam Pot

Halaman: 
Penulis : Riana