logo


Tips Jitu Kendalikan Penyakit White Spot Pada Udang

Jika udang telah terserang white spot yang mengandung bakteri Vibrio maka akan sangat sulit diobati

10 Mei 2016 10:17 WIB

Udang vaname.
Udang vaname. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Usaha budidaya udang maupun ikan tidak akan terlepas dari serangan penyakit, salah satunya adalah penyakit white spot.

Seperti dikutip majalah Trobos Aqua, plankton yang terlihat menyala di media budidaya udang diduga berasal dari bakteri Vibrio. Bakteri ini bisa mengeluarkan senyawa kimia yang bersifat racun bagi udang. Toksisitas racun yang dihasilkan bakteri Vibrio jika berkumpul membentuk koloni yang cukup padat sehingga akan menghasilkan cahaya yang menyala.

Jika di kolam didapatkan bakteri Vibrio sejumlah 100.000 per ml maka menandakan kondisi tambak yang sudah berbahaya. Serangan bakteri tersebut biasanya tidak langsung mengakibatkan kematian pada udang, racun bakteri Vibrio pertama akan melemahkan udang, membuatnya tidak nafsu makan. Namun, jika dosis racun meningkat, kematian udang secara massal pun akan terjadi.


KKP Bangun Naupli Center Udang Vaname Kapasitas 450 Juta Ekor Per Tahun

Jika udang telah terserang white spot yang mengandung bakteri Vibrio maka akan sangat sulit diobati. Untuk mencegah berkembangnya bakteri Vibrio, maka kandungan bahan organik dalam tambak harus ditekan serendah mungkin. Caranya, dengan menggelontorkan air dari dasar tambak yang mengandung lumpur organik.

Setiap hari, air dari dasar kolam harus diganti dengan cara membuka pipa pembuangan secara total. Cara kedua adalag dengan menggunakan bakteri probiotik yang berfungsi untuk memecah bahan organik menjadi senyawa kimia yang lebih sederhana sehingga dapat diuraikan secara alami.

 

Pemerintah Australia Apresiasi Penerapan Biosecurity Budidaya Udang di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana