logo


Cara Jitu Legisan Menaikan 'Kasta' Ikan Lele

Yang terbaru, Legisan berencana membuat olahan lele beku untuk restoran

10 Mei 2016 10:20 WIB

Budidaya lele sistem bioflok.
Budidaya lele sistem bioflok. dok. Jitunews

DEPOK, JITUNEWS.COM – Komoditas ikan lele yang dibudidayakan saat ini masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat menengah bawah, dimana pangsa pasarnya masih untuk memenuhi kebutuhan warung pecel lele.

Menurut Legisan Samtafsir, pembudidaya sekaligus pengusaha olahan ikan lele di Depok, Jawa Barat, jika selama tidak ada perbaikan pasar, maka lele akan terus dianggap sebagai panganan kelas bawah.

“Supaya lele bisa 'naik kelas' caranya adalah dengan diolah agar sesuai dengan pasar konsumen kelas atas,” ucap Legisan.


Bulan Mutu, Susi Pudjiastuti Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Daya Kelautan

Nah, untuk menaikkan 'kasta' lele, kini Legisan pun melakukan perbaikan tampilan lele supaya menu lele dapat disajikan dalam acara pernikahan, rapat di pemerintahan dan restoran papan atas. Semua hal tersebut tercetus di benak Legisan ketika dirinya membudidayakan lele dengan teknik bioflok. Legisan mengklaim produk lele bioflok lebih berkualitas dari lele hasil budidaya konvensional.

“Saat ada tengkulak yang menawar lele saya, saya beri harga Rp 18-19 ribu per kg. Ternyata mereka anggap kemahalan. Karena stok lele saya banyak, lantas saya beranikan diri untuk mengolah lele agar bisa menjadi menu santapan kelas atas utamanya untuk restoran,” kata Legisan.

Hingga saat ini, Legisan sanggup memproses 30-40 kg lele sehari ukuran 1 kg isi 7 s/d 8 ekor, yang diolah menjadi aneka menu olahan.

Dengan mengolah lele seperti itu, Legisan berharap pasar baru untuk lele akan terbuka dan bisa menyasar kalangan kampus, pekerja kantor, pemerintahan dan restoran.

“Yang terbaru saya berencana membuat olahan lele beku untuk restoran, sasaran pasarnya untuk restoran, jadi pas lele sampai resto langsung digoreng saja. Praktis dan modern,” tutup Legisan.

 

KKP Wujudkan Kampung Bioflok di Manokwari

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana