logo


Mentan Butuh Waktu untuk Stabilkan Harga Bawang dan Cabai

2 minggu ke depan akan terjadi panen raya untuk komoditas cabai dan bawang

9 Mei 2016 16:57 WIB

Bawang merah.
Bawang merah. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, mengaku kesulitan mengendalikan harga bawang dan cabai di pasaran. Sebab menurut Amran, tidak bisa dilakukan secara cepat, semua membutuhkan waktu.

"Tapi sebentar lagi, sekitar 2 minggu ke depan akan terjadi panen raya untuk komoditas cabai dan bawang. Dan saya yakin fenomena itu bisa menekan harga bawang dan cabai," ujar Mentan, Senin (9/5), di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta.

Kendati demikian, Mentan juga mengakui, meski ada panen raya, harga cabai dan bawang tetap berpotensi mengalami fluktuasi. Oleh karena itu, untuk meredam fluktuasi harga tersebut, pihak Kementerian Pertanian telah menyiapkan Toko Tani Indonesia (TTI) sebanyak 300 toko.


Periode Maret 2018: Harga Menguat, BK CPO Nol, BK Kakao 5%

Tak hanya menyiapkan 300 TTI, Kementerian Pertanian juga akan melakukan operasi pasar di 23 kota di Indonesia."Memang butuh waktu, nggak bisa disulap. Ini solusi permanen bukan pasar murah, tapi kita buatkan TTI permanen sebanyak 300. Tapi memang ga bisa diselesaikan dengan cepat," ujar Mentan.

KKP-FAO Lakukan Training untuk Percepat Perluasan Area Minapadi di Indonesia

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro