logo


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Aturan ini berguna untuk menghindari agar pasien tidak mengonsumsi obat herbal yang tidak sesuai

4 Mei 2016 10:37 WIB

Ilustrasi obat herbal
Ilustrasi obat herbal obatherbalmurah.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini, obat herbal sedang jadi tren. Banyak orang bilang, mengkonsumsi obat herbal lebih bebas dibandingkan mengkonsumsi obat berbahan kimia. 

Pada kenyataanya, mengkonsumsi obat herbal secara sembarangan, juga bisa menimbulkan masalah layaknya obat kimia. Karena itu, dalam penggunaannya, masyarakat diminta untuk memenuhi kaidah 4T + 1W.

Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD menjelaskan, 4T+1W artinya empat tepat dan satu waspada.


3 Obat Tradisional Ini Ampuh Usir Asam Urat dan Reumatik

"Tepat penggunaan, tepat pemakaian, tepat jenis obat herbal, tepat dosis dan cara pemberian serta waspada efek samping," kata Arijanto dikutip dari Liputan6.com.

Misalnya, ketika pasien memilih untuk mengonsumsi obat herbal, dokter memiliki kewajiban untuk memberitahu apakah obat yang aman untuk dikonsumsi sesuai penyakitnya, dan seberapa banyak dosisnya.

"Sekarang, pasien memiliki hak untuk memilih obat herbal atau obat kimia, menggunakan informed choice. Ketika ada pasien yang tidak ingin mengonsumsi obat kimia, dokter harus memberitahu jenis-jenis obat herbal apa saja yang cocok agar dapat dikonsumsi oleh pasien," kata Arijanto.

Menurut Arijanto, ini berguna untuk menghindari agar pasien tidak mengonsumsi obat herbal yang tidak sesuai. Karena, sekarang ini banyak yang mengklaim obat herbal dengan beragam khasiatnya padahal tidak begitu kenyataannya.

"Terlebih badan kesehatan dunia WHO telah membuat pedoman pemakaian obat herbal yang harus memenuhi aspek keamanan, bermanfaat, dan berkualitas. Tentu, ini demi pasien sendiri," pungkas Arijanto.

'Sejuta' Manfaat Tersembunyi Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Halaman: 
Penulis : Riana