logo


Unik, Tim Mahasiswa Ini Ciptakan Parfum dari Feses Domba!

Parfum ini diklaim aman untuk kesehatan

3 Mei 2016 12:01 WIB

Ilustrasi parfum
Ilustrasi parfum Shutterstock

BOGOR, JITUNEWS.COM - Inovasi baru lahir dari tangan kreatif sekelompok mahasiswa dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Kota Bogor. Para mahasiswa dari Jurusan Tekhnik Peternakan, STPP Kota Bogor tersebut berhasil menciptakan parfum yang dikembangkan dari kotoran (feses) domba.

Alhasil, parfum temuan mahasiswa ini diikutsertakan dalam pameran hasil karya mahasiswa yang digelar di halaman Kampus STPP Cibalung, Kota Bogor, beberapa waktu lalu.

"Bahannya dari feses domba. Tidak ada domba pilihan, ini dari semua jenis domba. Ini sudah hasil fermentasi. Melalui beberapa tahap pengujian," kata Ahmad Farid, mahasiswa semester II jurusan Teknik Peternakan, STPP Bogor, dikutip dari detikcom.


Inovatif! IPB Ubah Sampah Sayuran Jadi Wafer untuk Domba

Farid mengatakan, parfum hasil pemanfaatan feses domba yang dikembangkan oleh rekan-rekan sejurusannya ini, memang belum memiliki izin dari institisi manapun. Namun menurutnya, parfum ini diklaim aman untuk kesehatan.

"Belum ada izin edar, makanya kita juga belum produksi banyak. Belum ada yang dijual. Sertifikat halalnya juga belum ada ," tambah Virna, mahasiswa STPP lainnya.

"Aromanya juga bisa berbeda-beda, tergantung selera, mau gunakan bahan dasar yang beraroma apa saja, nanti dicampur," tambah perempuan berjilbab ini.

Tidak hanya menjadi parfum, penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa STPP juga berhasil mengubah kotoran sapi menjadi kertas dan pernik-pernik.

"Ada juga yang olah menjadi biogas, itu bisa digunakan untuk memasak," ungkap Farid.

Melihat inovasi para mahasiswa STPP tersebut, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, pun mengapresiasi dan mengaku tertarik .

"Saya juga baru tahu ada parfum berbahan feses. Ini hebat. Saya juga sempat mencium aroma tadi, lumayan harum," kata Bima.

 

Rahasia Sukses Erami Telur Ayam dan Menetaskannya Tanpa Cangkang

Halaman: 
Penulis : Riana