logo


10 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Buah kiwi memiliki kadar vitamin C yang lebih besar ketimbang buah jeruk

31 Oktober 2014 16:27 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JITUNEWS.COM - Harga yang mahal, rupanya membuat buah kiwi kurang populer di Indonesia. Namun dibalik harganya yang tinggi, buah mewah ini ternyata mengalahkan jeruk yang terkenal memiliki kadar vitamin C yang cukup besar. Seperti diketahui bersama, kadar nutrisi pada vitamin C dipercaya mampu mencegah kerusakan sel bagi tubuh. Berikut ini adalah daftar manfaat buah kiwi bagi tubuh:

1.    Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Bila dikonsumsi 2-3 buah kiwi per hari, rupanya kiwi dapat membantu mengencerkan darah, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga bermanfaat mempertahankan kesehatan jantung.


Heboh Janin Meninggal Gegara Rumput Fatimah, Dokter Kandungan Buka Suara

2.    Mencegah Kanker

Mengkonsumsi buah kiwi emas setiap hari akan memberikan dua kali lipat tingkat perbaikan DNA. Ini adalah jenis kerusakan genetik yang dapat menyebabkan kanker.

3.    Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil setidaknya membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat untuk perkembangan janin di awal kehamilan. Kiwi adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi folat. Folat sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan kognitif dan mencegah cacat saraf pada bayi.

4.    Kesehatan Jantung

Jika mengkonsumsi dua atau tiga buah Kiwi dalam sehari, kesehatan jantung dapat meningkat. Pasalnya, kiwi dapat mengencerkan darah dan mengurangi pembekuan darah. Buah ini juga mampu menurunkan tingkat trigliserida (lemak) dalam darah hingga 15%.

5.    Kesehatan kulit

Buah kiwi juga mengandung lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah ini juga lebih banyak dari jeruk. Kiwi juga kaya vitamin E dan Alfa Linoleic Acid, asam lemak esensial. Dan itu semua merupakan vitamin dan mineral yang penting untuk perawatan kulit .

6.    Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang kaya serta vitamin C pada buah Kiwi mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang flu.

7.    Kesehatan mata

Kadar karotenoid yang terkandung dalam buah kiwi dapat melindungi mata dari radikal bebas yang berbahaya.

8.    Baik untuk pencernaan

Kiwi hijau mengandung actinidin (enzim alami yang memecah protein). Buah ini juga memiliki kandungan tinggi serat yang mampu membantu buang air sehingga lebih lancar. Serat dari kiwi juga mampu membantu membersihkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, vitamin C yang ada dalam buah kiwi diyakini pula bisa membantu menghilangkan kembung dan membantu memfasilitasi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

9.    Mengatasi Asma

Bagi anak-anak yang mengkonsumsi 5-7 porsi buah kiwi dan buah jeruk lainnya selama seminggu, mampu menurunkan gejala batuk dan sesak nafas.

10.    Sumber nutrisi

Buah kiwi disebut sebagai “nutritional all – star” yang berarti buah ini memiliki kepadatan nutrisi terbaik. Konsumsilah buah kiwi sebagai menu sarapan karena buah kiwi kaya akan magnesium yang mampu mengubah makanan menjadi energi.

 

Untuk Antisipasi, 5 Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah