logo


Tak Punya Dokumen Lengkap, 1 Ton Kulit Hewan Asal Italia Disita Polda Jatim

Kulit-kulit hewan tersebut diimpor masuk ke Jatim dan akan diedarkan ke beberapa daerah di Jawa Timur antara lain Magetan, Madiun dan Surabaya

2 Mei 2016 17:12 WIB

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono suarasurabaya.net

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Jawa Timur (Jatim) mengamankan 1 ton kulit hewan ilegal asal Italia di daerah Trosobo, Surabaya, Senin (2/5).

"Kulit-kulit hewan tersebut diimpor masuk ke Jatim dan akan diedarkan ke beberapa daerah di Jawa Timur antara lain Magetan, Madiun dan Surabaya sendiri. Kulit hewan ini diimpor oleh CV SM Mojokerto," jelas Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, saat ditemui di lokasi, Senin (2/5).

Argo mengatakan, importir sampai saat ini belum menunjukkan dokumen izin yang lengkap untuk memasukkan kulit sapi ilegal asal Italia tersebut.


Diduga Korban Penganiayaan, Ini Kronologis Tewasnya Perempuan Muda Pelayan Kafe di Bekasi

"Importir sengaja melakukan impor ilegal untuk menghindari Instalasi Karantina Produk Hewan (IKPH) oleh Badan Karantina Pertanian. Ini jelas pelanggaran karena rawan membawa penyakit hewan dari luar negeri," jelas Argo.

Soal pasal yang akan dijeratkan kepada importir, mantan Dirtahti (Direktur Tahanan dan Barang Bukti) Polda Kaltim ini mengatakan penyidik akan menjeratnya dengan pasal 89 ayat 1 UU RI nomor 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan. 

"Jika terbukti bersalah, maka tersangka akan dijerat pidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atau denda 2,5 miliar," tutup Argo.

Dekat Kantor Polisi, Gudang Miras Berkedok Salon Akhirnya Digrebek Aparat

Halaman: 
Penulis : Ari Setiawan (KR), Riana