logo


Keren, 7 Hewan Ini Punya Kemampuan Jaga Instalasi Militer Lho!

Kemampuan musang berjalan di ruang-ruang sempit, membuatnya 'dipercaya' bertugas membantu manusia menarik kabel bawah tanah.

2 Mei 2016 13:37 WIB

Lumba-lumba.
Lumba-lumba. en.wikipedia.org

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tahukah Anda, tak cuma kita, manusia, saja yang punya tujuan dan manfaat dalam hidup ini, hewan pun juga punya tujuan dan 'fungsi' dalam hidupnya lho!

Lirik saja misalnya sapi, ayam, kambing, atau ikan, yang merupakan sumber bahan pangan. Sementara, anjing membantu polisi untuk melacak jejak penjahat dan narkoba. Selain hewan tersebut, berikut 7 hewan yang memiliki kemampuan tak terduga untuk membantu manusia, seperti dikutip dari lifedeathprizes.com. Apa saja? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Musang


Tips Urban Farming ala Pinterest, Tertarik Coba?

Kemampuan musang berjalan di ruang-ruang sempit, membuatnya 'dipercaya' bertugas membantu manusia menarik kabel bawah tanah. Musang ini dilatih menggunakan sebuah tali pengaman yang melilit tubuhnya untuk membawa kabel sampai tujuan. Jangan salah lho, musang sudah diperbantukan di kilang-kilang minyak, perusahaan telepon, kru kamera, bahkan di bidang militer.

2. Lumba-lumba

Lumba-lumba hidung botol memiliki kemampuan super sonar yang bisa membantu menemukan tambang di laut. Lumba-lumba mendapatkan gambaran metal dari objek dengan membuat pencocokan suara serta kemampuan ekolokasi mereka. Setelah melaporkan respons ya atau tidak kepada pengendali mereka, lumba-lumba akan berenang ke arah tanda bahaya dengan pelampung pada baris tertimbang sebagai tanda pengiriman.

3. Cacing bercahaya dan kunang-kunang

Beberapa tentara dalam Perang Dunia I menemukan cacing bercahaya dan kunang-kunang dapat menerangi sekeliling. Tak heran mereka mengumpulkan hewan itu ke dalam toples untuk membaca peta dan surat.

4. Angsa

Angsa memiliki penglihatan super sensitif, mampu melihat lebih jauh dan detail daripada anjing atau manusia. Angsa juga telah dipergunakan untuk membantu menjaga instalasi militer, lho.

5. Kormoran (burung laut)

Kormoran dimanfaatkan membantu nelayan tradisional di Jepang dan China. Jadi, kalau nelayan memancing kala gelap, mereka hanya bermodal lampu gantung dan kormoran yang telah dilatih untuk menyelam. Kormoran ini bakal membantu untuk mencari ikan.

6. Tikus

Meski tergolong hewan yang menjijikan, tapi ternyata di Mozambik tikus raksasa bermanfaat mendeteksi lahan sumber tambang. Mereka mengendus material tambang tersebut dan menggaruk tanah untuk memberitahu manusia. Tikus itu kemudian mengarah ke tempat tambang yang aman.

7. Gajah

Di India, gajah dimanfaatkan untuk mengeksekusi penjahat pada zaman dulu. Mereka dilatih menginjak penjahat tersebut. Serem, ya? Tapi, cara ini sudah tak berlaku, kok. Justru mereka diperbantukan untuk tugas lain yang 'ramah', semisal menggerakkan potongan pohon di industri logging di Burma.

 

Trik Jitu Membuat Taman Gantung dengan Paralon, Yuk Coba!

Halaman: 
Penulis : Riana